nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

50 Persen Penderita Diabetes Alami Neuropati, Bisa Sebabkan Amputasi!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 18 November 2019 18:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 18 481 2131397 50-persen-penderita-diabetes-alami-neuropati-bisa-sebabkan-amputasi-3bvffuzGay.jpg Ilustrasi (Foto : Boldsky)

Terdapat lebih dari 10 juta orang di Indonesia menderita kasus diabetes. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi diabetes melitus (DM) menunjukkan angka sebesar 10,9 persen.

Selain berbahaya diabetes juga dapat menimbulkan penyakit turunan, salah satunya adalah neuropati. Menurut Data International Federation (IDF) 2017, 50 persen penderita diabetes berisiko terkena gejala neuropati.

Neuropati

Neuropati sendiri adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf. Bisa juga karena komplikasi akibat penyakit kronis seperti diabetes. Sel saraf yang rusak akan berbentuk seperti kabel yang terkelupas dan bisa mempengaruhi indera perasa.

Medical & Technical Affairs Manager Consumer Health P&G, dr. Yoska Yasahardja, mengatakan sel saraf yang rusak ini bisa menyebabkan gangguan yang serius pada penderitanya. Jika dibiarkan penyakit ini bisa menyebabkan hal serius bahkan amputasi.

Liputan Diabetes

“Seseorang yang mengalami neuropati akan merasa keram, kesemutan atau kebas pada bagian tubuh mereka. Hal ini tentu akan berdampak semakin parah pada penderita diabetes, karena Insulin tidak terdapat pada otot,” terang dr. Yoska, dalam acara P&G bertajuk Diabetes Berisiko Tinggi Neuropati, di Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Dokter Yoska mengatakan Dalam kasus yang lebih parah, penderita diabetes yang terkena neuropati akan kehilangan indera perasanya. Hal ini membuatnya jadi kebas dan tidak berasa jika bagian tubuhnya terluka. Tentunya luka ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Tangan Kebas

“Penderita neuropati akan merasa kebas. Jadi mereka tidak akan berasa apabila bagian tubuhnya terluka. Setelah luka mengalami pembusukan akibat tak kunjung sembuh karena efek diabetes, makan akan menyebabkan infeksi yang berujung amputasi,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini