nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Berenang Sembarangan, Alat Kelamin Pria Ini Dipenuhi Cacing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 04:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 485 2131401 gara-gara-berenang-sembarangan-alat-kelamin-pria-dipenuhi-cacing-vr6Csczv5f.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MELIHAT danau dengan air jernih tentu sangat menyenangkan. Meski demikian Anda harus tetap berhati-hati, siapa tahu ada mikroorganisme yang terdapat di dalamnya. Seperti kisah seorang turis asal Inggris yang hampir meninggal dunia karena berenang di danau.

Adalah James Michael yang berasal dari Kensington, London. Niat hati ingin berlibur ke sebuah danau yang indah, namun mimpi buruk yang menghantui hidupnya. Jutaan koloni cacing parasit bersarang di alat kelaminnya san meletakkan telurnya ketika James sedang berenang.

Akibat kejadian tersebut, James mengalami schistosomiasis sebuah penyakit akibat infeksi caci parasit air tawar. Kala itu ia memutuskan untuk berenang di Danau Malawi, Afrika karena tergiur dengan pemandangan dan airnya yang jernih.

Jutaan koloni cacing parasit bersarang di alat kelaminnya san meletakkan telurnya ketika James sedang berenang.

Setelah kembali ke Inggris usai berlibur pada Oktober 2018, James mulai kehilangan rasa pada kakinya. Awalnya ia menganggap hal tersebut akibat kelelahan usai bersepeda, namun ketika penyakit tersebut mempengaruhi mobilitasnya, ia pun langsung memeriksakan diri ke rumah sakit.

Melansir dari VT, dokter yang memeriksa James pun langsung memberikan diagnosis yang mengejutkan. Cacing mikroskopis itu telah menelan uretra saat James berenang. Tak hanya itu, cacing parasit ini juga sudah berenang ke aliran darahnya menuju hati dan usus.

Setelah beberapa minggu mendiami tubuh James, cacing tersebut bertelur dan menetas hingga menyebabkan masalah terhadap sistem kekebalan tubuhnya. Telur-telur inilah yang membuat hames mengalami sakit luar biasa dan nyaris membuatnya meninggal.

"Saya pergi neurologi dan mereka melakukan tes darah untuk melihat apa yang terjadi. Mereka menemukan dengan cepat bahwa sistem kekebalan tubuh menyerang tulang belakang sehingga menyebabkan hilangnya kendali pada kaki,” terang James.

Telur-telur inilah yang membuat hames mengalami sakit luar biasa dan nyaris membuatnya meninggal.

James mengaku awalnya ia diberikan steroid selama enam bulan untuk mengatasi rasa sakitnya. Meski demikian, ia tidak benar-benar mengetahui apa yang menyebabkan kakinya terasa sakit.

"Rasa sakitnya tidak seperti yang pernah saya ketahui. Di awal pemulihan saya, pada bulan Januari, saya memiliki wabah jerawat yang sangat mengerikan yang merambat di punggung dan lengan saya. Saya tidak bisa tidur untuk sebulan karena berbaring telentang sakit,” lanjut James.

James mengaku hilangnya perasaan pada kaki sangat mempengaruhi hidupnya. Ia menjadi tidak dapat berolahraga karena infeksi.

Beruntung saat ini kondisi James mulai membaik secara perlahan. Kisah James memberikan pelajaran bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berenang di suatu tempat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini