nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat, Inilah 5 Museum Seru untuk Dikunjungi di Jakarta

Rabu 20 November 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 19 406 2131886 catat-inilah-5-museum-seru-untuk-dikunjungi-di-jakarta-hf4kL4QiGm.jpg Patung Selamat Datang (Foto: Pixabay)

BANYAK orang pergi ke Jakarta untuk urusan pekerjaan atau bisnis. Namun sebagai ibu kota, Jakarta juga menjadi destinasi tujuan untuk berlibur. Jika bosan pergi ke mal, museum bisa menjadi tempat seru untuk habiskan waktu berlibur di Jakarta.

Jakarta merupakan bagian terpenting dari sejarah Indonesia. Tidak aneh jika Jakarta memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang tersebar. Selain Monas, Jakarta memiliki sejumlah museum yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Berwisata ke museum-museum di Jakarta tidak hanya untuk bersenang-senang, namun bisa mendapatkan ilmu dan pengetahun yang baru. Selain itu, wisata ke museum di Jakarta bisa membangkitkan rasa nasionalisme. Beberapa museum di Jakarta memang identik dengan sejarah berdirinya Indonesia.

Nah, jika jenuh dengan keramaian pusat perbelanjaan atau taman hiburan, berikut lima museum rekomendasi untuk dikunjungi saat liburan di Jakarta.

1. Museum Taman Prasasti

Museum pertama yang bisa dikunjungi ini berbeda dengan yang lain. Ya, Museum Taman Prasasti berdiri di tanah kuburan peninggalan Belanda.

Koleksi museumnya pun memiliki daya tarik tersendiri seperti batu nisan, prasasti, miniatur makam hingga peti dan kereta jenazah. Meski terkesan menyeramkan, banyak wisatawan berfoto dengan koleksi-koleksi di Museum Taman Prasasti.

2. Museum Nasional Indonesia

Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Museum Nasional Indonesia adalah museum yang juga layak dikunjungi. Museum Nasional Indonesia dulunya sering disebut sebagai Museum Gajah. Wajar saja, mengingat pada halaman museum ini terdapat patung gajah berbahan perunggu hadiah dari Raja Thailand, Chulongkorn pada 1871.

Berjalan-jalan di Museum Nasional Indonesia, wisatawan dapat melihat sekitar 140 koleksi benda bersejarah. Benda-benda tersebut yaitu artefak, arca, benda-benda zaman purbakala juga benda cagar budaya dari berbagai wilayah di Indonesia.

3. Galeri Nasional Indonesia

Di Galeri Nasional Indonesia, wisatawan dapat menambah ilmu pengetahun sambil update media sosial. Ya, museum yang terletak di Jl. Merdeka Timur No.14 ini memiliki beragam spot instagramable. Galeri Nasional Indonesia memajang berbagai karya seni rupa yang indah seperti pahatan, patung, lukisan hingga seni instalasi.

Salah satu spot favorit untuk berfoto di museum ini yaitu mural tiga dimensi di bagian belakang gedung A Galeri Nasional.

Sebagai informasi, museum yang dikelola oleh pemerintah ini tutup setiap hari Senin dan libur nasional. Jadi, atur jadwal terlebih dahulu ya.

4. Museum Sejarah Nasional

Museum Sejarah merupakan salah satu museum yang wajib dikunjungi saat liburan di Jakarta. Di sini wisatawan bisa menjelajahi sejarah Indonesia dari 48 buah diorama.

Diorama dimulai dari kehidupan zaman pra-sejarah. Kemudian beralih memasuki masa kejayaan Sriwijaya dan Majapahit. Hingga akhirnya memasuki sejarah Indonesia pada masa penjajahan hingga zaman Orde Baru.

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Masih ingat sejarah peristiwa saat Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi? Nah, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi inilah wisatawan dapat mengetahui kronologis sejarah kemerdekaan Indonesia. Salah satunya cerita bagaimana naskah Proklamasi diketik Sayuti Melik.

Museum yang terletak di sebelah Gedung Bappenas, Taman Suropati ini, memiliki daya tarik lainnya. Di taman belakang musem terdapat bungker bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai tempat persembunyian. Pada era kolonial, gedung museum ini merupakan kantor pemerintahan dengan bungker sebagai tempat pengamanan.

Museum-museum di Jakarta memiliki daya tarik tersendiri mengingat Jakarta kaya akan nilai sejarahnya. Liburan berjalan-jalan ke museum di Jakarta bisa menggunakan Xtrans dari Bandung.

Booking Xtrans Jakarta pun semakin mudah dan aman melalui Traveloka. Tidak perlu pusing lagi mobilitas ke Bandung ke Jakarta maupun sebaliknya. Siap menjelajah mesin waktu di museum-museum Jakarta liburan kali ini? (adv) (Wil)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini