Share

Sering Pesan Makanan Lewat Online, Pria Ini Terancam Buta!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 19 481 2131684 sering-pesan-makanan-lewat-online-pria-ini-terancam-buta-uvHwjcSPUq.jpg Sering pesan makanan online seorang pria terancam buta (Foto : Worldofbuzz)

Layanan pesan makanan online kini telah digandrungi masyarakat. Meski terlihat mudah dan praktis, namun kebiasaan ini memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Seorang pria berusia 33 tahun dari Wuhan, Hubei tiba-tiba menjadi buta karena kebiasaannya pesan makanan online. Pria yang diketahui bernama Lu tersebut sebelumnya tidak bermasalah dengan penglihatan sebelumnya.

Ia memiliki penglihatan yang bagus sejak masih muda. Tapi pada bulan lalu, ia menemukan ada bayangan gelap yang muncul dalam penglihatannya. Awalnya ia menganggap hal tersebut disebabkan karena kelelahan.

Ia pun berusia menenangkan diri dengan beristirahat, namun bayangan tersebut tetap saja tidak hilang dari pandangannya. Setelah tiga minggu mengalami gangguan, ia pun memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya.

Cek Mata

Dilansir dari World of Buzz, Selasa (19/11/2019), dokter mengatakan bahwa Lu menderita retinopati diabetik yang merupakan komplikasi diabetes yang memengaruhi mata. Lalu, apa hubungannya dengan kebiasaan pesan makanan lewat online?

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah retina di bagian belakang mata. Kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati dengan baik.

Mendengar diagnosis tersebut, Lu pun terkejut bukan main. Ia tidak tahu bahwa menderita diabetes. Dokter pun menguji kadar gula darah Lu sebesar 17,2 mmol / L sebelum makan.

Cek Gula

Hasil tersebutlah yang menyatakan bahwa Lu menderita diabetes. Dokter mengatakan bahwa Lu sebenarnya telah terkena diabetes selama empat sampai lima tahun dan itu mempengaruhi penglihatannya.

Hal ini disebabkan karena Lu tidak minum obat apa pun atau membuat perubahan gaya hidup. Dokter memprediksi kebiasaan Lu makan di luar atau pesan makanan lewat online menjadi penyebab utamanya. Terlebih, makanan yang dipesan tergolong junk food.

Minuman Soda

Hal ini sebenarnya wajar, pasalnya Lu masih lajang dan malas untuk memasak. Lu juga tidak suka minum air putih dan sering minum soft drink yang membuat penyakitnya semakin parah.

Lu saat ini sedang menjalani perawatan dan dokter memperingatkan bahwa diabetes semakin umum terjadi terutama di kalangan generasi muda. Diet seimbang dan tetap aktif adalah kunci utama hidup sehat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini