nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Merawat Bayi dengan Eksim Susu agar Tidak Sering Kambuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 19 481 2131767 cara-merawat-bayi-dengan-eksim-susu-agar-tidak-sering-kambuh-SOzlKQtMJ9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Salah satu penyakit yang sering menyerang bayi dan anak-anak adalah penyakit kulit. Ya, tidak dipungkiri, penyakit kulit eksim susu atau dermatitis atopik pada bayi dan anak-anak mampu membuat orangtua menjadi khawatir dan takut.

Mengingat penyakit satu ini adalah tipe penyakit kulit yang tidak bisa disembuhkan, tapi hanya bisa dikendalikan agar tidak sering kambuh. Maka sebagai orangtua, paham akan cara merawat bayi di rumah yang memiliki eksim susu jadi hal yang sangat penting.

 Bayi tiduran

Dengan tahu cara merawatnya, maka segala faktor-faktor pemicu bisa dihindari. Sehingga otomatis, intensitas kambuhnya eksim susu ini bisa berkurang ditunjang juga dengan penambahan umur anak.

Lalu sebetulnya, bagaimana cara merawat anak dengan eksim susu yang tepat saat di rumah? Menurut dr. Anna Juniawati Putri Gunawan, SpKK, hal pertama yang harus diperhatikan di rumah untuk merawat bayi atau anak-anak dengan eksim susu adalah perihal suhu ruangan.

Idealnya, suhu ruangan harus dijaga jangan sampai terlalu kering tapi juga tidak boleh terlalu panas yang bisa membuat anak bisa menjadi kegerahan.

“Untuk rumah yang enggak pakai AC, harus pastikan sirkulasi udara di rumah lancar. Tidak lembap, jangan gerah juga. Terlalu panas nanti biang keringat bisa muncul. Kalau rumahnya pakai AC, pastinya kan kering. Itu temperatur AC harus dijaga, jangan sampai di bawah 20 sampai 25 derajat lah,” ujar dr. Anna saat ditemui Okezone di bilangan Jakarta Barat, Selasa (19/11/2019).

 Bayi tiduran

Di rumah, selain menjaga suhu temperatur ruangan, pemakaian skincare atau produk perawatan kulit yang rutin sehari-hari digunakan pada kulit bayi atau anak juga patut diperhatikan.

Dokter Anna menambahkan, produk skincare yang harus diperhatikan bukan hanya pelembap loh. Tapi juga minyak telon, yang ternyata jika anak memiliki bakat alergi malah pemakaian minyak telon bisa menjadi faktor perangsang.

“Minyak telon itu sebetulnya enggak wajib, itu pilihan saja. Kalau ada bakat alergi malah ini merangsang. Tapi jika tetap mau pakai minyak telon, boleh pilih minyak telon yang bentuk teksturnya krim kan sudah banyak tuh di pasaran. Ya kalau nimbulin iritasi, stop pakai. Lalu wajib pakai pelembap, pilih yang hypo allergenic (rendah risiko memicu alergi), tidak wangi, banyak ceramide, tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate, teksturnya water based karena gampang meresap, tidak terasa lengket dan berminyak,” tutup dokter yang praktik di Erha Clinic Indonesia ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini