nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Eksim Susu Pada Bayi, Simak Tips Mencegahnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 17:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 19 481 2131818 waspada-eksim-susu-pada-bayi-simak-tips-mencegahnya-s7qkfy3ydB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGURUS buah hati memang bukan pekerjaan mudah, selain harus mengurus si jabang bayi, kita juga harus mengurus diri sendiri. Pasalnya, bayi sangat rentan terkena penyakit sehingga orangtua pun harus ekstra hati-hati kala merawatnya.

Orangtua, khususnya lbu, dituntut untuk selalu menjaga kebersihan buah hati tercinta secara optimal. Kulit bayi dan anak-anak kondisinya memang lima kali lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa, sehingga jauh lebih rentan terhadap beragam ruam dan masalah kulit lainnya.

Data dari American Academy of Family Physicians (AAFP) menjelaskan bahwa gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi, dengan angka prevelansi mencapai 70 persen. Tidak heran, masalah kulit biasanya menjadi sumber kekhawatiran besar bagi orang tua.

Salah satu penyakit kulit yang diketahui sering menyerang bayi dan anak-anak adalah penyakit dermatitis atopik, atau yang lebih dikenal masyarakat sebagai eksim susu.

kemudian kondisi kulit bisa menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman.

Eksim susu ini adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi, dimulai di usia dua hingga tiga bulan dan juga anak-anak. Kelainan kulit berupa bintil-bintil kemerahan, rasa gatal, yang kemudian bila berlangsung lama (kronik) kemudian kondisi kulit bisa menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman.

Pada bayi dan anak-anak, biasanya area tubuh yang terkena cukup beragam. Mulai dari area pipi, lekuk siku dan lekuk lutut.

Faktor penyebabnya pun bermacam-macam, sejauh ini diketahui biasanya karena ada alergi turunan di dalam keluarga. Bisa juga dipacu karena memiliki alergi, mulai dari alergi terhadap makanan seperti susu sapi, telur ayam, ikan laut, kacang-kacangan, dan lain-lain. Atau, bisa juga karena debu, serbuk sari, dan juga bulu binatang.

Sejatinya, penyakit dermatitis atopik ini memang penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Meski tidak bisa disembuhkan, penyakit eksim susu ini tetap bisa dikontrol dikendalikan agar intensitas kambuhnya bisa dikurangi.

Nah, untuk mengontrol agar eksim susu tidak kambuh pada bayi dan anak-anak, sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua. Cara simpel namun banyak orangtua yang mungkin kurang memperhatikan, yakni menjaga agar kulit tetap lembab dengan penggunaan pelembap yang tepat.

eksim susu tidak kambuh pada bayi dan anak-anak, sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua.

Seperti dipaparkan oleh dr. Anna Juniawati Putri Gunawan, SpKK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin dari Erha Clinic Indonesia, orangtua harus memperhatikan betul kandungan yang tepat pada pelembap yang dipakai. Contohnya pentingnya kandungan bahan ceramide, yang disebutkan jika semakin tinggi maka semakin bagus untuk digunakan.

“Pelembab yang digunakan pun harus yang mengandung bahan yang mengidentik dengan lipid penyusun Skin Barrier, seperti ceramide, cholesterol, dan fatty acid," jelas Anna di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat.

"Kandungan yang dapat menyusun kembali struktur pelindung sementara pada kulit dan dapat merangsang tingkat produksi ceramide dengan sendirinya. Untuk tekstur, pilih yang teksturnya water based,” tambahnya.

Tapi, pemakaian pelembap yang tepat pada bayi dan anak-anak tentunya tidak cukup. Menurut dr. Anna, agar eksim susu tidak sering kambuh pada bayi dan anak-anak, juga harus juga ditopang oleh usaha lainnya seperti memilah sabun mandi, dan menghindari faktor pemicu.

"Salah sabun mandi malah membuat kulit anak jadi sangat kering. Selain itu penting pula juga menghindari faktor pemicu, seperti penggunaan bahan pengawet dan fragarance alias wangi-wangian," tukas dr. Anna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini