nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Punya Eksim Susu, Lebih Baik Dimandikan dengan Air Panas atau Air Dingin?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 06:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 19 481 2131885 anak-punya-eksim-susu-lebih-baik-dimandikan-dengan-air-panas-atau-air-dingin-Bh9Ucgb6UJ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Penyakit kulit eksim susu, atau dermatitis atopik pada bayi dan anak-anak adalah salah satu tipe penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Ini artinya, semasa hidupnya penderita hanya bisa mengendalikan. Mencoba mengontrol agar intensitas kambuhnya eksim susu ini bisa perlahan namun pasti dikurangi.

Salah satu saran yang dianjurkan untuk dilakukan oleh para orangtua, dalam cara merawat bayi atau anak-anak yang memiliki eksim susu, ialah dengan menjaga kelembapan kulit sang anak.

 Kaki bayi gatal

Cara menjaga tingkat kelembapan kulit bayi atau anak-anak ini dilakukan dengan rutin mengoleskan pelembap. Tepatnya pelembap yang memiliki kandungan ceramide tinggi, berjenis hypo allergenic (beresiko rendah memicu reaksi alergi), tidak wangi, tidak ada kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) di dalamnya, hingga yang bertekstur water based.

Juga dengan memilih produk sabun mandi yang mengandung banyak kandungan pelembap, serta juga menjaga suhu temperatur ruangan di rumah.

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah titik suhu air yang digunakan untuk mandi. Mungkin selama ini banyak orangtua awam yang lebih cenderung merasa aman, jika anaknya yang memiliki eksim susu tersebut dimandikan dengan menggunakan air bersuhu hangat ke arah panas agar semakin lembap dibandingkan air dingin.

Tapi faktanya, pandangan ini nyatanya keliru loh. Seperti dijelaskan oleh dr. Anna Juniawati Putri Gunawan, SpKK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin.

“Baiknya disarankan mandi itu pakai air hangat, suhunya luke warm. Hangat yang mengarah ke dingin, kalau suhu air semakin panas yang ada kulit anak semakin kering. Evaporasi kulit lebih tinggi dan air kulit akan berkurang,” jelas dr. Anna kala dijumpai Okezone, Selasa (19/11/2019) di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat.

Ia menambahkan, orangtua harus memahami bahwa sebetulnya jika suhu air yang digunakan untuk memandikan anak atau bayi dengan eksim susu mengarah ke panas, hal ini justru akan meningkatkan potensi munculnya reaksi atopik, mulai dari berupa bintil-bintil kemerahan, rasa gatal berulang, kulit kering dan bersisik, luka-luka atau menebal dan akhhirnya menjadi kehitaman.

“Air panas itu bikin kulit tambah kering, cukup mandikann bayi atau anak-anak dengan air hangat, bukan hangat ke arah panas ya. Kulit yang kering malah memicu adanya reaksi atopik,” pungkas dr. Anna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini