nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Anak Sedunia, Ini Manfaat Orangtua Sering Memeluk si Kecil

Viola Triamanda, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 196 2132290 hari-anak-sedunia-ini-manfaat-orangtua-sering-memeluk-si-kecil-MCrYwQJDTl.jpg Manfaat pelukan(Foto: Cdnparents)

PERNAHKAH kamu mengalami hari yang buruk dan menyebabkan emosi yang tidak stabil? Sepertinya keadaan ini sering kali dialami oleh semua orang. Namun ada sebuah keajaiban yang mampu meredakan amarah tersebut, yaitu sebuah pelukan dari orangtua.

Pelukan hangat terhadap orang yang disayang memang mampu membuat keadaan yang sedang tidak baik-baik saja menjadi lebih baik. Apalagi jika pelukan ini berasal dari orangtua yang diperuntukkan kepada anaknya. Bahkan banyak penelitian yang menjelaskan betapa pentingnya pelukan orang tua terhadap sang anak.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti asal University Of Columbia menyatakan bahwa sebuah pelukan bisa membantu anak kecil berkembang lebih cepat secara mental maupun fisik daripada anak anak yang kurang melakukan kotak fisik dengan orangtua mereka.

memeluk

Penelitian juga menjelaskan bahwa pelukan membuat seorang anak menjadi lebih kuat dan juga lebih bahagia. Penelitian ini menjelaskan bawah pelukan dapat menghasilkan oksitosin yang merupakan hormon yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan fisik. Oksitosin juga memicu pertumbuhan neuron dan sel anak. Intinya, ketika anak mendapatkan banyak pelukan, otomatis anak tersebut akan sehat dan bugar.

Dan ketika orangtua menunjukkan perhatian dan kasih saying secara terus-menerus, maka itu akan memperkuat hubungan yang sehat dan membuat orang tua serta sikecil bisa menjadi lebih bahagia.

Namun tidak hanya itu, berikut manfaat pelukan terhadap anak yang telah dirangkum oleh Okezone dan dilansir dari theasianparent.com, Rabu (20/11/19).

memeluk si kecil

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pelukan yang menghasilkan oksitosin mampu menyembuhkan dan melindungi tubuh sang anak. Hormon ini juga bersifat anti stress dan menghindari anak agar tidak mudah sakit.

2. Perkuat ikatan Anda dengan anak

Penelitian juga menjelaskan bagaimana sebuah pelukan dapat meningkatkan dan menghilangkan segala ketakutan yang dimiliki sang anak. Oksitosin yang dihasilkan dari sebuah pelukan bisa meningkatkan ikatan yang baik, yang artinya semakin sering orangtua memeluk sang anak, otomatis ikatan yang mereka miliki akan semakin kuat.

 memeluk

3. Mengontrol amukan sang anak

Anak yang masih kecil tentu tidak dapat mengatur emosinya di usia tersebut. Jadi akan sangat wajar terjadi ledakan ledakan amarah dari si kecil. Ketika anak mengamuk dan mengeluarkan amarahnya, sangat dianjurkan bagi para orangtua untuk segera memeluk sang anak. Karena hormone oksitosin yang dihasilkan dapat membuat anak merasa tenang dan amarahnya akan segera reda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini