nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tanda Rasa Cemburu yang Bisa Menghancurkan Hubungan, Hindari Ya!

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 196 2132320 5-tanda-rasa-cemburu-yang-bisa-menghancurkan-hubungan-hindari-ya-aURlGAZFg3.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Ada kalanya Anda merasa tidak aman, sensitif, curiga, dan cemburu pada pasangan, terlebih jika sedang berjauhan dengan. Lalu timbullah pertanyaan-pertanyaan seperti, “Apakah dia selingkuh?”, “Apakah dia berbohong?”, dan sebagainya.

Pertanyaan tersebut akan menyiksa Anda dan dapat menimbulkan overthinking karena cemburu. Akibatnya, Anda bahkan bisa menuduhnya melakukan sesuatu tanpa adanya bukti.

Sebelum terjadi keretakan hubungan akibat cemburu, Anda perlu mengetahui 5 tanda jika kecemburuan Anda bisa menghancurkan hubungan. Dilansir dari Yourtango, Rabu (20/11/2019), inilah lima tanda kecemburuan yang bisa merusak hubungan.

 Laki-laki dan perempuan

1. Anda terlalu terfokus pada rasa cemburu

Luangkan waktu untuk merenungi apa yang Anda pikirkan terutama ketika Anda bersama sang kekasih. Jika sebagian besar pikiran Anda terisi oleh kecemburuan, maka ini juga akan memengaruhi cara Anda berbicara dan bersikap. Sehingga Anda akan menjadi lebih pengatur, kekanakan, dan mempunyai krisis kepercayaan kepada pasangan.

2. Percakapan biasanya berkisar pada kecemburuan

Apa yang biasanya Anda dan pasangan bicarakan? Perhatikan seberapa sering kalian berdua berdebat hanya karena dia ‘terlalu lama’ memandang atau Anda merasa dia bermain mata dengan orang lain. Jika percakapan Anda didominasi oleh hal tersebut, maka rasa cemburu ini dapat menyebabkan masalah dalam hubungan Anda.

 

3. Dia lebih pendiam dari biasanya

Ada beberapa orang tidak banyak berbicara seperti orang lain. Terkadang beberapa orang diam, untuk menutupi perasaan lelah atau stres.

Jika pasangan Anda lebih pendiam tanpa alasan yang jelas, ada kemungkinan bahwa itulah tanda bila kecemburuan Anda membebaninya. Dia mungkin tidak berani mengatakannya karena takut membuat Anda pergi darinya.

 Laki-laki dan perempuan

4. Pasangan menunjukkan sikap defensif dengan mudah

Defensif adalah sikap bertahan. Jika dia menjadi defensif karena komentar sederhana yang Anda buat, ia mungkin dengan sarkastik akan mengatakan hal-hal seperti, “Anda pasti bilang begitu!”, “Apa yang salah dengan Anda?, atau “Dengar dulu penjelasanku.”

Hal itu biasanya terjadi ketika Anda berusaha keras untuk tidak menuduhnya, tetapi nada suara, bahasa tubuh, dan cara Anda mengajukan pertanyaan tertentu menjelaskan kalau Anda membuat tuduhan atau menunjukkan bahwa Anda tidak percaya padanya.

5. Dia mulai menyimpan rahasia

Hal ini bisa terjadi ketika apapun yang pasangan lakukan, Anda akan selalu berburuk sangka, overthinking, dan cemburu. Bukan berarti ia berbohong, selingkuh, atau melanggar perjanjian hubungan.

Bisa saja pasangan lebih memilih untuk merahasiakan sesuatu dari Anda karena mereka merasa tidak aman jika mengatakan yang sebenarnya. Karenanya, ia memilih menyimpan dan menyelesaikannya sendiri.

Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut dari dalam diri Anda atau pasangan, anggaplah ini sebagai bahan untuk introspeksi diri. Jangan biarkan kecemburuan merusak cinta dan koneksi yang kalian miliki.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini