nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjadi Tren Global, Biji Kopi Arabika Makin Digemari

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 16:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 298 2132273 menjadi-tren-global-biji-kopi-arabika-makin-digemari-xodMraTyim.jpg Kopi Arabika makin digemari penikmat kopi (Foto : Thedailymeal)

Kopi kini menjadi minuman favorit banyak orang. Maka tak heran bila kedai kopi semakin menjamur di mana-mana.

Salah satu menu andalan yang disukai para penikmat kopi adalah kopi susu. Co-founder and COO Fore Coffee, Elisa Suteja tak memungkiri bila kopi susu telah menjadi tren tersendiri.

Jenis minuman kopi tersebut mampu membuat orang yang tadinya tidak begitu menyukai minuman berkafein menjadi rutin mengonsumsinya. Dari kopi susu juga semakin banyak orang yang mencari tahu informasi seputar kopi. Contoh seperti jenis biji kopi yang digunakan dan rasanya.

biji kopi arabica

Berbicara soal jenis biji kopi, di Indonesia ada dua jenis yang banyak digunakan oleh kedai kopi yaitu robusta dan arabika. Namun menurut Elisa, makin ke sini para penikmat kopi lebih memilih biji kopi arabika.

Alasannya bermacam-macam, mulai dari kandungan kafein yang lebih rendah hingga dampak kesehatan.

kopi arabika

"Arabika menjadi favorit itu sebenarnya tren global. Dari pengamatan kita, sekarang banyak international brands yang serving kopi dan klaim 100 persen menggunakan arabika. Dari situ kita bisa lihat konsumen lebih interest ke arabika," ujar Elisa saat ditemui Okezone dalam acara konferensi pers 'Penandatanganan Kerja Sama Fore Coffee dan Airy', Rabu (20/11/2019) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Berbicara soal biji kopi arabika, di Indonesia banyak sekali daerah yang menghasilkan biji kopi berkualitas. Menurut Elisa, setiap pulau paling tidak memiliki 3-4 macam biji kopi arabika. Namun Sumatera menjadi penyumbang biji kopi terbesar di Tanah Air dengan persentase mencapai 70 persen. Salah satu yang terkenal adalah kopi gayo dari Aceh.

biji kopi arabica

"Saya sendiri bekerja sama dengan petani kopi arabika dari 3 daerah yaitu Bali, Flores, dan Aceh. Kenapa pilih tiga itu karena complexity rasa dari masing-masing memberikan sesuatu yang berbeda," ucap Elisa.

Sementara itu, memiliki misi agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengonsumsi kopi, Elisa bekerja sama dengan salah satu jaringan operator hotel budget. Rencananya akan ada stand kopi di setiap penginapan. Dengan begitu, tamu bisa mencicipi menu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini