nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kuliner Khas Solo dengan Cita Rasa yang Khas dan Eksotis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 298 2132402 6-kuliner-khas-solo-dengan-cita-rasa-yang-khas-dan-eksotis-55NX3EDI2A.jpg Bakmi toprak (Foto : @jogjafood@/Instagram)

Bagi para pencinta kuliner Nusantara tentu sudah paham betul keunikan kuliner tradisional khas Solo. Kota ini memang telah lama dikenal sebagai surganya makanan lezat dengan harga terjangkau.

Berbagai makanan dan minuman maupun jajanan khas dapat dijumpai dengan mudah di Kota Solo. Lidah Anda juga akan dimanjakan oleh keanekaragaman kuliner yang tersebar di berbagai sudut kota.

Lantas, apa saja rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib dicicipi? Dengan sajian cita rasa yang khas dan eksotis, berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, Kamis (21/11/2019).

Nasi liwet

Nasi Liwet

(Foto : @soloculinary/Instagram)

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang dimasak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan memakai daun pisang yang dipincuk.

Gudeg ceker

Gudeg Ceker

(Foto : @separuhakulemak/Instagram)

Selama ini gudeg identik dengan daging ayam, tempe, tahu, dan telur bacem, hingga krecek. Siapa sangka ceker ayam juga bisa diolah menjadi sajian gudeg yang tidak kalah lezatnya. Di Solo, ada Gudeg Ceker Bu Kusno yang sudah populer, di kalangan pencinta kuliner lokal. Ceker direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah sambal goreng krecek.

Nah, bagi Anda yang tertarik mencicipi Gudeg Ceker Bu Kusno harus menunggu hingga pukul dua dini hari. Karena pada jam inilah, kedai baru mulai beroperasi.

Sate buntel

Sate Bundel

(Foto : @sbykulinerinfo/Instagram)

Kalau Bali punya sate lilit dan Purwakarta punya sate maranggi, Solo juga punya olahan sate yang tidak kalah lezat yakni, sate buntel. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang, lalu diberi bumbu bawang dan merica kemudian dibuntel (dibungkus dengan lemak kambing). Untuk menikmati sate buntel, Anda bisa menyantapnya dengan sambal kecap yang terbuat dari campuran kecap manis, irisan cabai rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Dijamin bikin lidah bergoyang!

Sate kere

Sate Kere

(Foto : @dolansolo/Instagram)

Mau mencicipi hidangan unik lainnya? Jangan lupa mampir ke Warung Yu Rebi untuk menikmati sajian sate kere yang sangat populer. Sate kere termasuk kuliner yang sangat unik karena terbuat dari tempe gembus, atau dibuat dari ampas kedelai sisa pembuatan tahu. Sebelum dibakar, bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya adalah bumbu kacang. Perpaduan ini menghasilkan sensasi rasa yang lebih ringan.

Bakmi toprak

Meskipun nama makanan khas Solo ini mirip dengan ketoprak Jakarta, tetapi menunya sangat berbeda. Tidak seperti ketoprak Jakarta yang memakai sambal kacang, toprak Solo justru berkuah bening. Hidangan ini terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu goreng, telur, tempe goreng, dan sosis.

Bakmi Toprak

(Foto : @jogjafood/Instagram)

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi serta taburan bawang goreng dan seledri. Sebagai pelengkap, toprak Solo bisa ditambah karak. Anda bisa menyambangi Warung Mi Toprak Yu Nani di Kartopuran untuk menikmati hidangan ini.

Pecel ndeso

Pecel Ndeso

(Foto : @kakilimajateng/Instagram)

Meski namanya bernuansa tradisional, pecel ndeso sebetulnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, hidangan terbuat dari beras merah yang dicampur sayur berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, daun kenikir, petai china, bunga turi dan kacang panjang dengan sambal wijen putih atau hitam.

Pecel ndeso biasanya disantap bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng. Warung Tempo Doeloe menjadi salah satu tempat yang menyuguhkan pecel ndeso. Lokasinya di Jl. Dr. Supomo 55.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini