nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sculpture by the Sea, Paduan Karya Seni Manusia dan Alam di Pantai Bondi

Alan Pamungkas, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 16:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 406 2132308 sculpture-by-the-sea-paduan-karya-seni-manusia-dan-alam-di-pantai-bondi-rGvA9nAfT8.jpeg Instalasi di pameran seni Sculpture by the Sea di Pantai Bondi Sydney (Foto: Alan Pamungkas/Okezone)

NEW SOUTH WALES - Sydney, tepatnya di Pantai Bondi mempunyai event tahunan bernama Sculpture by the Sea. Ini adalah pameran karya seni instalasi kontemporer yang terpampang di sepanjang Pantai Bondi, Sydney, New South Wales.

Tahun ini, Sculpture by the Sea berlangsung sejak 24 Oktober - 10 November 2019. Terdapat 140 artis dari 18 negara dengan 111 patung yang berjejer sepanjang dua kilometer Pantai Bondi.

Patung

Pengunjung secara gratis bisa menikmati pameran tersebut sembari mendengarkan deburan ombak, embusan angin dan teriknya matahari. Semua karya seni berada di pasir dan tebing yang seolah-olah bersatu dengan alam Pantai Bondi.

David Handley AM, Founding Director Sculpture by the Sea, telah 23 tahun menjalani event ini. Dirinya memang sengaja ingin memadukan karya manusia di tengah alam untuk menarik perhatian pengunjung.

 Patung

"Semua orang bisa apply dan kita akan seleksi. Saya tidak begitu ingat, mungkin ada dua atau tiga partisipan dari Indonesia yang apply di tahun ini, namun mereka tidak berhasil masuk ke tahapan selanjutnya. Ada 500 orang yang apply tahun ini," ungkap David.

Salah satu karya yang menjadi primadona adalah Viewfinder karya Joel Adler. Sebuah karya periskop sederhana namun memberikan sensasi melihat ombak berbeda. Dengan mata lurus ke depan, pengunjung kemudian melihat ombak yang berada di bawah dengan bantuan kaca, salah satu karya yang begitu indah.

 Patung

Artis Indonesia pun pernah terlibat dalam Sculpture by the Sea. Yakni I Wayan pada 2018 dan Eko Bambang Wisnu pada 2013.

Okezone mengunjungi Sculpture by the Sea dalam rangka famtrip New South Wales Destination bersama Singapore Airlines. Berangkat dari Jakarta kemudian transit di Singapura. Butuh waktu 7 jam dari Singapura menuju Sydney.

 Patung

Perjalanan dengan nomor penerbangan SQ 221 menggunakan Boeing 777-300ER yang memiliki fasilitas kabin yang luas, lamanya perjalanan tak begitu terasa. Menonton film, mendengarkan musik hingga menikmati makan dan camilan yang disediakan salah satu cara ampuh untuk menghabiskan waktu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini