nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Anak Sedunia, Dian Sastrowardoyo Bagi Pengalaman Anaknya yang Alami Autisme

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 19:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 481 2132371 hari-anak-sedunia-dian-sastrowardoyo-bagi-pengalaman-anaknya-yang-alami-autisme-w38nbL0P1C.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto : @therealdisastr/Instagram)

Artis cantik Dian Sastrowardoyo secara blak-blakan mengaku bahwa anak pertamanya yakni, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo mengidap autisme (ASD). Hal tersebut diungkapkannya dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat luas di momen Hari Anak Sedunia yang jatuh setiap 20 November.

World Health Organization (WHO) mencatat, dalam 160 anak di dunia setidaknya terdapat satu orang anak yang menyandang autisme. Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan otak yang mempengaruhi kemampuan penderitanya dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Biasanya gejala ASD ini mulai terlihat sejak kanak-kanak dan berlangsung pada remaja bahkan hingga dewasa. Pada kasus yang dialami buah hati Dian Sastrowardoyo, ia mengatakan sang anak mengidap ASD yang lebih ke arah visual dibandingkan audio.

Dian Sastro

(Foto: @nurmaheriyon/Instagram)

Artinya sang anak lebih tertarik kepada sesuatu yang bergambar dibandingkan dengan suara-suara.

“Saya punya pengalaman, anak saya yang pertama mengalami autisme dan sepktrumnya lebih ke arah visual dibandingkan audio. Jadi ketika menjelaskan sesuatu menggunakan gambar, ia jauh lebih afektif dan atensi dibandingkan dengan dijelaskan secara verbal,” terang Dian Sastrowardoyo, dalam acara SGE Live Edukasi Masyarakat Pentingnya Seni bagi Tumbuh Kembang Anak dengan Autisme, di Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).

Lebih lanjut Dian Sastro mengaku bahwa sang buah hati memiliki kegemaran terhadap mobil balap Formula One (F1). Kegemarannya tersebut justru menjadi nilai lebih bagi dirinya untuk mengembangkan ilmu di bidang itu. Terbukti sang anak gemar menggambar sistem aerodinamika yang ada pada mobil balap F1.

Dian Sastro

(Foto : @lawrencetjandra/Instagram)

“Anak saya suka terhadap konsep aerodinamika yang terdapat pada mobil F1. Aerodinamika itu kan suatu pola bodi mobil dirancang untuk mengalirkan aliran udara untuk membantu meningkatkan kecepatan. Nah karena anak saya tertarik banget di bidang itu, bahkan ia menjadi suka gambar-gambar konsep aerodinamika,” tambahnya.

Dian pun mengatakan anak dengan ASD memang memiliki masalah dalam hal berkomunikasi. Hal itu pula yang terjadi pada sang buah hatinya. Namun di balik kekurangan seorang pengidap ASD, Dia mengaku sang anak memiliki nilai lebih dalam hal yang mereka sukai. Mereka akan asyik sendiri dan sangat menguasai tentang hal tersebut.

Dian Sastro

“Dia (Shailendra) memang suka sulit dalam berkomunikasi, tapi dalam beberapa hal dia akan sangat menguasai. Mereka akan asyik dengan dunianya sendiri, contohnya pada kasus anak saya ia sangat menyukai matematika dan sains,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini