nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips agar si Kecil Tetap Aktif Tanpa Khawatir Ruam Kulit saat Cuaca Panas

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 481 2132415 tips-agar-si-kecil-tetap-aktif-tanpa-khawatir-ruam-kulit-saat-cuaca-panas-pChNMBCwpV.jpg Ilustrasi (Foto : Popsugar)

Beberapa waktu belakangan di Jakarta dan sekitarnya bisa dibilang cuaca panas dan ekstrim sering terjadi. Di tengah cuaca cenderung panas seperti saat ini, menimbulkan kecemasan sendiri bagi para orangtua. Mengapa?

Karena cuaca panas memang dapat membuat anak-anak lebih rentan berkeringat, sehingga akhirnya bisa muncul ruam kemerahan hingga biang keringat di berbagai titik area kulit tubuh anak. Hal ini menurut Dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK  karena kulit bayi dan anak-anak itu berbeda dengan struktur kulit orang dewasa, jauh lebih tipis sehingga lebih rentan alias sensitif.

Liputan

“Khususnya di daerah tropis kayak di Indonesia, bayi dan anak itu lebih mudah berkeringat. Cuaca panas dan lembap ditambah struktur kulit bayi yang belum sempurna, membuat ruam dan biang keringat muncul di kulit,” jelas Dr. Litya, saat ditemui Okezone, Rabu (20/11/2019) di gelaran ‘Launching Mothercare-Jelly Pop Cooling Cushion” di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Maka dari itu, sudah menjadi tugas wajib para orangtua untuk bagaimana caranya untuk membuat anak-anak agar tetap nyaman walau aktif bergerak di musim panas seperti sekarang.

Ditambahkan Dr.Litya, sebetulnyan banyak alternatif cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar menjaga bayi atau anak-anaknya tetap merasa sejuk sehingga nyaman dan tidak rewel. Mulai dari memastikan sirkulasi udara di rumah, pemakaian busana yang tepat, sampai memilih alas tidur yang pas.

Kereta Bayi

“Banyak opsi yang bisa dilakukan biar anak tetap sejuk, pertama memastikan perputaran udara di ruangan itu baik, lalu pilih bahan baju yang pas dengan suhu ruangan dan kegiatan anak, dan bisa juga menggunakan tempat tidur dan alas yang material bahannya terbuat dari katun sehingga memberikan efek sejuk,” tambah Dr. Litya.

Untuk pemilihan alas atau mat untuk bayi dan anak-anak, ibu-ibu sekarang boleh bernafas lega. Karena kini sudah ada yang namanya cooling cushion.

Sejauh ini cooling cushion sudah tersedia dalam bentuk seat yang bisa diletakkan di kereta dorong (stroller) dan juga car seat. Serta dalam bentuk mat, yang bisa diletakkan di matras tempat bermain anak di rumah.

Cooling cushion canggih ini juga diketahui lebih lanjut dilengkapi dengan teknologi tinggi Hisobead, yakni jenis mutiara kualitas tinggi penyerap air yang bisa mengubahnya menjadi gel transparan yang aman, sehingga tidak memicu timbulnya reaksi alergi. Dibentuk dengan 99 persen air, bisa jadi pilihan yang pas untuk anak-anak dengan masalah kulit sensitif seperti ruam atau biang keringat di bagian punggung.

Kereta Bayi

Dalam memilih lapisan penyejuk, para orangtua sebaiknya memperhatikan soal material bahan. Pilihlah bahan katun yang selama ini dikenal memang sejuk dan nyaman, salah satunya jenis katun Oxford yang dingin dan nyaman sehingga anak bisa merasa tetap sejuk karena tidak berkeringat baik saat sedang beraktivitas di dalam atau luar ruangan ataupun saat sedang tidur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini