nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Sulungnya Autisme, Dian Sastro: Jangan Malu Apalagi Disesali!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 00:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 20 481 2132428 anak-sulungnya-autisme-dian-sastro-jangan-malu-apalagi-disesali-UzA3GWeMva.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto : @therealdisastr/Instagram)

Menyambut Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 20 November 2019, artis cantik Dian Sastrowardoyo atau biasa disapa Dian Sastro, mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap anak penderita autisme (ASD). Pasalnya jika sang anak ditangani dengan baik sejak dini, maka penyakit tersebut bisa berangsur-angsur membaik.

Beberapa bulan lalu, Dian Sastro secara blak-blakan mengaku bahwa anak pertamanya yang bernama , Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo mengidap autisme. Sang anak memang terlihat sulit dalam berkomunikasi dan mengekspresikan emosinya seperti anak-anak normal.

Wanita cantik itu mengaku sangat mendukung program autisme sehingga tidak malu untuk mengakui bahwa putra sulungnya memiliki kebutuhan khusus. Ia pun mengimbau para orangtua untuk lebih terbuka dan belajar lebih banyak dalam menangani anak autisme.

Dian Sastro

(Foto : @therealdisastr/Instagram)

“Beberapa waktu lalu saya open up bahwa anak saya memiliki kebutuhan khusus karena ingin mendukung program autisme. Kenapa saya open up? Karena sebagai orangtua kita harus terbuka dan belajar lebih banyak untuk bisa menanganinya,” terang Dian Sastro saat ditemui Okezone di Gandaria City, Jakarta Selatan , Rabu 20 November 2019.

Dian Sastro pun berpesan kepada para orangtua agar tidak malu atau menyesal jika anaknya mengidap autisme. Justru setelah mengetahui sang buah hati mengidap autisme, maka perhatian dan kasih sayang harus lebih dicurahkan kepada anak tersebut.

Dian Sastro

(Foto : @therealdisastr/Instagram)

“Pesan saya jika memiliki anak berkebutuhan khusus janganlah malu ataupun disesali. Justru sebagai orangtua, kita harus fokus mencari cara untuk mengobatinya. Selain itu pastikan penderita autisme mendapatkan hak-haknya sebagai anak seperti kasih sayang dan dukungan dari lingkungan di sekitarnya,” lanjut Dian.

Dian mengaku, sejak ia mengumumkan jika anak sulungnya mengalami autisme, banyak sekali orang yang menghubunginya melalui sosial media. Mereka banyak bertanya dan meminta tips untuk menangani anak berkebutuhan khusus. Sejak saat itu ia sadar bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengalami fenomena autisme.

Dian Sastro

(Foto : @therealdisastr/Instagram)

“Sejak saya mengumumkan anak pertama saya mengalami autisme, banyak sekali tanya jawab yang dilakukan oleh masyarakat mengenai masalah yang sama. Ini adalah salah satu edukasi yang bisa saya lakukan. Sekira 80 persen follower saya yang rata-rata tidak saya kenal juga mengatakan bahwa anaknya memiliki kebutuhan khusus,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini