nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menggali Potensi Anak Autis agar Kelak Bisa Hidup Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 11:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 21 196 2132588 menggali-potensi-anak-autis-agar-kelak-bisa-hidup-mandiri-1uRSCCytCX.jpg Menggali bakat anak autis (Foto: Raisingchild)

WORLD Health Organization (WHO) menyebut dari 160 anak di dunia, setidaknya terdapat satu anak Autis. Memiliki anak autisme memang perlu penanganan khusus agar kelak dia bisa hidup mandiri.

Autisme yang dalam bahasa medisnya disebut Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah sebuah gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderitanya dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Jika tidak ditangani dengan tepat, justru sebagian kecil anak autis tidak dapat hidup mandiri. 

Perawatan anak autis

Sebab, kebanyakan anak dengan autisme memiliki kesulitan komunikasi sehingga membutuhkan dukungan dan perawatan khusus. Tentunya perawatan dan pelatihan terhadap anak autis bisa dilakukan oleh para orangtua sebagai terapi untuk mengurangi efek buruk dari kondisi tersebut.

Nuryanti menyarankan orangtua untuk bisa mengeksplorasi keunggulan yang dimiliki oleh sang anak dengan memberikan kesempatan bagi mereka belajar.

Ilustrasi

“Orang normal saja perlu mengeksplorasi kegiatan untuk tau unggulnya di mana. Begitupun anak autis, sebaiknya orangtua memberikan kesempatan pada anak dengan memberikan kegiatan-kegiatan untuk melihat pelajaran apa yang paling cepat ia tangkap," terang Nuryanti saat diwawancarai Okezone di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).

Perlu diketahui, sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui minat dari anak autis. Sebab, biasanya mereka akan fokus terhadap hal yang disukai. Ketika sudah mengerjakan sesuatu yang disenangi, mereka bakal membuat hasil yang baik dan lebih jujur terhadap dirinya sendiri.

Anak autis

"Setelah tahu, nanti bisa disortir sesuai minat dan nyamannya mereka,” pungkasnya. Dengan mengetahui minat dan potensi anak autis, kelak hal tersebut dapat menjadi satu keahliannya untuk bisa hidup mandiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini