nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Obat, Begini 6 Cara Redakan Flu dan Batuk

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 21 481 2132547 tanpa-obat-begini-6-cara-redakan-flu-dan-batuk-wf2MVwLoOV.jpg Redakan flu dan batuk (Foto: Fivestaruc)

MUSIM penghujan telah tiba, cuaca pun yang tadinya panas dan gersang menjadi sejuk dan dingin. Pada musim ini kamu harus berhati-hati karena badan menjadi lebih mudah terserang penyakit, hal itu dikarenakan adanya perubahan suhu yang terjadi. Nah beberapa penyakit yang dapat menyerang saat hujan yaitu flu dan batuk.

Nah agar terhindar dari flu dan batuk, Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Namun jika sudah merasa flu dan batuk mulai menyerang, Anda bisa meredakannya meski tanpa obat. Berikut cara jitunya, seperti dikuti WebMD.

 Ilustrasi flu dan batuk

1. Minum satu sendok teh madu

Madu merupakan obat tradisional yang bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk. Cobalah dengan meminum madu, seperti menambahkan satu sendok madu pada teh yang akan kamu minum. Namun jangan berikan madu pada anak dibawah umur satu tahun.

2. Minum cukup

Minum akan membuat tenggorokan mu menjadi lembab dan nyaman. Hampir semua minuman tidak masalah kecuali alkohol atau minuman berkafein karena itu dapat membuat tenggorokan mu kering. Untuk lebih maksimal coba konsumsi minuman yang hangat, seperti teh hangat atau kamu bisa mengkonumsi sup ayam untuk menghangatkan saluran udara kamu. Tidak hanya akan menghidrasi, tetapi kehangatan membantu memecah lendir.

3. Menghirup uap

Jika tenggorokan mu kering akan membuat mu lebih mudah batuk, uap air bisa menjadi solusi agar tenggorokan mu menjadi lembab kembali. Cobalah bernapas dalam uap dari mandi air panas. Atau gunakan pelembab udara atau vaporizer di kamar mu saat tidur. Uap tersebut dapat membuat hidung dan tenggorokan mu menjadi tidak terlalu kering dan dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Kelembaban juga dapat meredakan pernapasan dan mengurangi lendir di tenggorokan.

 Masker

4. Hindari udara kotor

Menghindari udara kotor, seperti asap rokok karena asap rokok sangat berbahaya ketika kamu sakit. Ini benar-benar dapat mengiritasi batuk kamu. Yang terpenting jangan merokok, dan jauhi orang lain yang merokok.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumurlah dengan air garam. Tapi apakah obat tradisional ini benar-benar berfungsi? Penelitian masih belum menunjukkan hal itu, tetapi banyak orang yang mempercayai obat tradisional. Jika kamu ingin melakukan hal itu, maka yang harus kamu lakukan adalah menyampurkan satu sendok teh garam dalam 8 ons air hangat dan kumur. Lakukan beberapa kali sehari.

6. Beristirahat

Nah yang terakhir adalah beristirahat. Jika Anda ingin menghilangkan flu dan batuk, Anda harus tenang. Tubuh membutuhkan energi untuk melawan virus. Jangan dorong diri kamu terlalu keras, karena itu akan membuat tubuh mu lelah dan mudah membuat stres. Maka solusi yang tepat adalah dengan beristirahat untuk beberapa waktu dan jangan melakukan banyak aktivitas yang melelahkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini