nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Dijamin Berat Badan Turun Drastis!

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 21 481 2132767 lakukan-5-hal-ini-sebelum-tidur-dijamin-berat-badan-turun-drastis-codZsu2wdg.jpg Lakukan kebiasaan ini sebelum tidur untuk turunkan berat badan (Foto: Shutterstock)

MEMPUNYAI berat badan yang ideal adalah harapan semua orang. Beberapa orang kerap kali mengusahakan beragam cara demi mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Banyak juga faktor pendukung untuk menurunkan berat badan, mulai dari makanan, pola tidur, gaya hidup maupun lingkungan. Nah, berikut adalah 5 hal yang harus kamu ketahui dan lakukan sebelum tidur, untuk menurunkan berat badan.

Sit up

1. Lakukan beberapa latihan ringan

Latihan ringan sebelum tidur benar-benar bisa membantu menurunkan berat badan saat tidur. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition, orang yang melakukan latihan ringan sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme yang cukup tinggi pada saat mereka tidur. Contoh-contoh latihan ini termasuk latihan merenggangkan otot, push-up, pull-up, dips, dan sebagainya.

2. Ngemil keju cottage

Tidak baik dengan ekstrim menghindari makanan saat sebelum tidur. Pertama, tidur dengan perut lapar dapat membuat kamu susah tidur. Kedua, orang yang bangun dengan rasa lapar memungkinkan untuk makan banyak ketika bangun.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa makan sedikit keju cottage sebagai penganjal perut ketika lapar sebelum tidur. Keju cottage adalah keju segar yang terbuat dari susu sapi atau kerbau dengan rasa yang asam.

Keju cottage tidak hanya kaya akan protein kasein, tetapi juga mengandung asam amino triptofan, rendah gula, dan karbonhidrat. Kandungan ini sangat bagus untuk orang-orang yang tengah menjalani diet.

Relaksasi

3. Relaksasi

Salah satu faktor untuk nurunkan berat badan adalah tidur yang cukup. Maka dari itu, cobalah untuk merelaksasikan pikiran dan badan kamu. Hal ini bisa membantu untuk merangsang kantuk dan membuat kamu lebih bisa tidur tepat waktu.

Sesaat sebelum tidur, kamu bisa mendengarkan musik klasik, ataupun menghirup aroma terapi, untuk merileksasikan tubuh dan pikiranmu.

4. Turunkan suhu ruang

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa selain pola hidup sehat, lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap usaha untuk menurunkan berat badan.

Lingkungan yang dimaksud, salah satunya adalah suhu ruangan. Hanya dengan menurunkan suhu ruangan dapat membakar lebih banyak kalori. Karena tubuh perlu menjaga agar suhu tubuh tetap hangat (suhu badan berkisar pada 37⁰C).

Tapi yang harus diperhatikan, penurunan suhu yang dimaksud bukanlah udara dingin yang ekstrem. Tetapi, udara dengan suhu sekitar 19-25⁰C.

 Tidur dalam keadaan gelap

5. Matikan lampu

Sebuah studi dalam Journal of Pineal Research, menemukan adanya hubungan antara cahaya dengan pembakaran kalori. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology. Subjek penelitian yang tidur di kamar paling gelap memiliki kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengalami obesitas daripada mereka yang tidur di kamar terang.

Hal ini terjadi karena hormon melatonin yang diproduksi selama tidur dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Dan, hormon melatonin akan berproduksi dengan sempurna dalam keadaan yang gelap.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini