Viral CV Berita Duka Cita, Begini Cerita di Balik Pembuatannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 612 2132530 viral-cv-berita-duka-cita-begini-cerita-di-balik-pembuatannya-uERXi715WW.jpg Viral di medsos CV berita duka (Foto: Twitter)

Masih ingat dengan CV Lego yang sempat viral? Kini, muncul kembali CV unik yang tentunya tidak kalah kreatif. Adalah CV 'Berita Duka Cita'.

CV Berita Duka Cita ini tengah viral di Twitter. Sampai berita ini dimuat di Okezone, tercatat sudah lebih dari 13 ribu netizen membagikan ulang unggahan itu dan 24,2 ribu lebih netizen menyukainya.

Unggahan CV Berita Duka Cita ini dibagikan seorang netizen bernama Harits Indi Pradana dengan nama akun Twitter @HIPradana. Dalam keterangan fotonya, ia menjelaskan kalau CV itu juga yang mengantarkan dia bisa langsung bekerja di salah satu mall besar di Jakarta.

"Ini CV gue zaman dulu lulus kuliah yang sukses menghantarkan saya masuk ke dunia kerja," tulisnya dalam keterangan foto.

Jika dilihat dengan seksama, CV yang dibuat Dony, nama panggilannya, memang jauh dari kata standar. Ia benar-benar membuat CV dengan desain ala berita duka cita yang kerap kita lihat di surat kabar. Mulai dari 'tagline' paling atas, foto hitam putih, hingga desain layout yang khas.

So, bagaimana akhirnya Dony bisa membuat CV yang viral ini? Apakah ada cerita unik di balik pembuatannya?

Pada Okezone, Dony menceritakan kalau dirinya membuat CV ini saat dirinya masih berkuliah di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) semester akhir. Ia kepikiran buat bikin CV karena momennya saat itu para mahasiswa sudah mulai cari kerja.

"Aku bikin CV itu pas di semester 6 atau 7 gitu. Di saat itu, beberapa teman sudah mulai cari kerja, yasudah aku bikin CV untuk persiapan dokumen kerja. Aku pergi ke perpustakaan buat cari inspirasi. Ternyata, pas mau buka komputer, internetnya lagi down, yasudah daripada gabut, akhirnya baca koran aja. Nah, ketemulah dengan berita duka cita itu. Terilhami, deh," ceritanya, Kamis pagi (21/11/2019).

Setelah mendapatkan ilham tersebut, Dony langsung buka komputer dan bikin desain dan kalimat sesuai dengan apa yang ada di berita duka cita. Proses buatnya dikatakan Dony sangat cepat, bahkan ia sampai tak menyangka sudah selesai hanya dalam waktu 10 menit saja.

 Viral di medsos

"Jadi, proses ngerjainnya itu 10 menit karena nggak neko-neko. Pas udah beres malah nggak percaya gitu, 'lah udah nih bikin CV-nya?'," sambungnya.

Untuk pemilihan kalimat, ia mengaku, tidak bisa juga semua kata yang ada di berita duka cita dipakai. Makanya, ia kemudian merombak sedikit kata-kata yang ada di berita duka cita untuk terlihat lebih sesuai dengan standar CV pada umumnya.

"Ya, walau beberapa kalimat menegaskan betul itu berita duka cita, tapi aku sih melihatnya, tidak ada hal penting yang akhirnya aku lewati di CV ini. Makanya, aku juga pede ngasih CV ini ke perusahaan," kata Dony.

Akhirnya momen membawa CV itu datang. Saat itu kebetulan salah satu mall besar di Jakarta sedang open recruitment campus tour. Ya sudah, tanpa pikir panjang dan dengan idealisme yang sangat tinggi, Dony lampirkan saja CV 'Berita Duka Cita' tersebut.

Proses rekrutmen itu berlangsung pagi hari di kampus. Tak jauh berbeda, ada sesi psikotesnya. Nah, selesai momen itu, entah bagaimana ia dapat kabar kalau besok bisa ikut tes wawancara dengan pihak mall. Kabar ini ia dapat di hari yang sama, sore hari.

Dony kaget sekaligus senang. Cepatnya kabar ini ia pikir salah satunya karena CV uniknya tersebut. Makanya, pas di momen wawancara, ia bertemu dengan supervisor mall dan tampak jelas di wajahnya, ada ekspresi menahan ketawa di sana.

"Aku yakin dia nahan ketawa karena lihat CV aku sebelumnya. Ya, aku sih bersyukur aja sekaligus bahagia bisa langsung dipanggil sorenya setelah psikotes dan besoknya langsung wawancara," terangnya.

Sebetulnya, di momen wawancara itu, Dony tidak hanya bertemu dengan supervisor, tetapi juga pihak direksi. Namun, reaksi lucu itu hanya diberikan si supervisor, karena pihak direksi ternyata orang Australia.

"Aku sih yakin, dia nggak paham karena bukan kulturnya. Tapi, si supervisor jelas banget nahan ketawa pas ketemu aku," sambungnya.

Dony melanjutkan, idealisme-lah yang membuatnya yakin kalau CV Berita Duka Cita ini menarik. "Aku yakin kalau CV ini bisa merepresentasikan kreativitas aku. Lagipula, info penting di CV ini juga nggak hilang, jadi, ya, tetap jelas isi informasinya," tambahnya.

Di sisi lain, Dony berharap semoga CV-nya itu bisa menginspirasi orang lain, khususnya mereka yang baru lulus kuliah. "Semoga bisa jadi inspirasi buat adik-adik yang masih fresh graduate. Semangat cari bekerja, biar cepat kaya," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini