nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fusion Food Tren di Kalangan Milenial, Pebisnis Kuliner Harus Terus Berinovasi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 22 298 2133028 fusion-food-tren-di-kalangan-milenial-pebisnis-kuliner-harus-terus-berinovasi-eZpYNFM4nb.jpg Ilustrasi kuliner (Foto: Japantimes)

ADA anggapan bila bisnis di bidang kuliner tidak akan pernah mati. Hal ini dikarenakan setiap orang butuh makan. Namun yang tidak boleh dilupakan oleh para pelaku industri ialah melakukan inovasi. Sebab kalau tidak begitu, konsumen dapat merasa bosan dan pada akhirnya memilih makanan lain yang dianggap lebih menarik.

Belum lagi era globalisasi yang membuat paparan informasi semakin banyak. Kemajuan teknologi dan dunia digital membuat banyak orang bisa mengakses informasi apapun yang diinginkan termasuk kuliner. Tidak sedikit yang penasaran ingin mencoba makanan tertentu lantaran sedang tren. Salah satunya adalah fusion food.

Saat ini fusion food cukup populer di kalangan pencinta kuliner khususnya milenial yang selalu menyukai dan tertantang mencoba hal baru. Oleh karenanya, para pebisnis kuliner dituntut untuk terus berinovasi membuat kreasi yang berbeda sehingga dapat menarik minat konsumen.

Kuliner

"Bisnis kuliner itu memang enggak bakal mati, karena orang masih makan. Hal yang terpenting adalah selalu berinovasi aja. Terlebih sekarang ini eranya milenial yang gampang bosan, jadi diulik-ulik aja makanannya, bisa lihat informasi dari media sosial," ujar Chef Yuda Bustara saat ditemui Okezone dalam konferensi pers 'Unilever Food Solutions Gelar Kompetisi ‘Ngulik Rasa’, Kreasikan Fusion Food Khas Indonesia' di Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

Menurut celebrity chef itu, tak perlu susah-susah menciptakan fusion food di Tanah Air. Sebab banyak makanan Indonesia yang bisa dieksplor lebih dalam lagi. Caranya dengan mengombinasikan satu jenis masakan khas suatu daerah dengan masakan dari daerah atau bahkan negara lain. Bisa juga dengan menciptakan kreasi masakan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Kuliner

"Memberikan sentuhan unik dan warna baru pada makanan bercita rasa khas Indonesia adalah fusion food sesungguhnya. Pebisnis kuliner bebas berkreasi menciptakan fusion food asalkan memadukan dua makanan menjadi satu atau berinovasi," ujar Chef Yuda.

Namun dirinya mengingatkan agar inovasi yang dilakukan tidak terlalu banyak. Sebab hal itu malah bisa menghilangkan cita rasa asli. Padahal fusion food berusaha memberikan sentuhan cita rasa unik dari yang sudah ada.

Kuliner

"Sekarang ini memang banyak yang random seperti sushi rendang, itu enggak masuk rasanya. Jadi kalau mau menciptakan fusion food jangan yang terlalu wild, masih harus dalam batas yang bisa diterima lidah. Nantinya yang ada malah dari fusion menjadi confusion," pungkas Chef Yuda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini