nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir 10 Persen Penduduk Indonesia Depresi, Kenali Tanda-Tanda Awalnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 07:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 22 612 2133365 hampir-10-persen-penduduk-indonesia-depresi-kenali-tanda-tanda-awalnya-mLQiEByjwq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi depresi penduduk Indonesia sudah mencapai 9,8 persen. Mirisnya World Health Organization (WHO) menyebut bahwa 50 persen kasus menimpa masyarakat usia produktif yakni 20-50 tahun.

Bahkan kasus bunuh diri yang disebabkan oleh depresi menempati urutan kedua pada ancaman kematian pada remaja di usia 15-29 tahun. Kasus depresi ini memiliki berbagai macam faktor risiko yang terdiri dari internal dan eksternal.

 Pria memegang kepala

Direktur Rumah Sakit Sanatorium Dharmawangsa, dr. Richard Budiman, Sp.KJ(K), mengatakan terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami depresi. Salah satunya masalah internal yang berupa keturunan dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan.

“Kalau dari internal adalah gender. Perempuan lebih rentan alami depresi. Riwayat personal maupun keluarga dengan gangguan depresi atau bipolar. Ada pula riwayat depresi sebelumnya, mengingat depresi ini adalah penyakit kambuhan,” terang dr. Richard, saat ditemui Okezone, Jumat (22/11/2019).

Lebih lanjut, faktor eksternal itu termasuk hubungan asmara seperti melajang atau tak kunjung memiliki pasangan, kurangnya dukungan sosial dari lingkungan. Tidak menjaga kesehatan mental dengan mengalami stres secara terus-menerus juga turut menjadi faktor lain penyebab depresi.

“Penyakit fisik kronik seperti jantung, ginjal, stroke, kanker dan lain-lain, juga bisa menyebabkan depresi jika tidak dikelola dengan baik. Keterbatasan fisik (disabilitas) dan kecanduan dalam penggunaan zat tertentu dan alkohol juga turut berpengaruh,” lanjutnya.

Meski banyak faktor penyebabnya, dr. Richard mengatakan lebih dari 60 persen pengidap depresi datang ke dokter dengan keluhan fisik. Ternyata beberapa gejala depresi tidak hanya memengaruhi mental, melainkan juga kondisi fisik pengidapnya.

“Lelah, tak bertenaga, tak nafsu makan, berat badan turun, badan sakit-sakit, pegal-linu, nyeri dada dan sakit kepala, sesak napas dan yang paling sering adalah mengalami masalah perut atau lambung,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini