nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Sakit Apung Bantu Pemerataan Pelayanan Kesehatan di Daerah?

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 02:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 23 481 2133438 rumah-sakit-apung-bantu-pemerataan-pelayanan-kesehatan-di-daerah-M6ITW26csZ.jpg Rumah sakit apung (Foto: Doctorshare)

Pemerataan pelayanan kesehatan hingga daerah terpencil dibutuhkan di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan ini membutuhkan konsep rumah sakit apung.

Biasanya rumah sakit apung tersebut banyak membantu masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Seperti di Papua ada banyak rumah sakit apung yang diterapkan untuk melayani pasien.

 Rumah sakit

Ternyata bukan cuma di Papua saja yang terdapat rumah sakit apung. Di Jakarta Utara, ada Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II. CEO Principal Agung Budiono menuturkan, Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau memerlukan upaya ekstra dalam pemerataan sarana dan prasarana, serta pelayanan kesehatan.

Dalam satu dekade ini, konsep rumah sakit apung fokus memberikan pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat terpencil di Indonesia. 

"Tersedianya fasilitas kesehatan tersebut sejalan dengan komitmen kami dalam membantu pencapaian SDGs di Indonesia khususnya di sektor kesehatan," ucap Agung kepada Okezone.

Pendiri DoctorSHARE dr. Lie Dharmawan menambahkan, masyarakat yang tinggal di daerah yang sulit menyentuh daratan pasti sangat membutuhkan rumah sakit apung. Biasanya pelayanan kesehatan dilakukan di sebuah tongkang, yang mana setara dengan rumah sakit tipe C.

"Dalam memberikan pelayanan, biasanya rumah sakit apung yang jemput bola. Kami datang saat ada masyarakat yang membutuhkan," beber dr. Lie.

Selama ini, menurut dr. Lie, masyarakat di daerah terpencil dan pulau terluar memang mengeluhkan minimnya pelayanan kesehatan. Dengan begitu, masyarakat jadi merasa dimudahkan saat mengalami kondisi gawat darurat. 

"Kalau pelayanan dibenahi dari hulu ke hilir, pasti masyarakat tidak merasa kesulitan lagi," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini