nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tes Sederhana Ini Ungkap Mata Sehat atau Tidak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 23 481 2133478 tes-sederhana-ini-ungkap-mata-sehat-atau-tidak-lzc89zrWQ9.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

MATA adalah bagian tubuh manusia yang sangat penting. Oleh sebab itu, seseorang harus menjaga kesehatan matanya dengan hati-hati.

Namun akhir-akhir ini banyak orang yang ketagihan berselancar atau bermain game di gadget, sehingga membuat mereka lupa mengistirahatkan mata dan berujung sakit.

Jika sudah seperti ini seseorang harus melakukan tes untuk menentukan kesehatan matanya. Untuk melakukan tes itu, sebagai langkah awal tidak perlu ke dokter, sebab ada beberapa tes yang bisa dilakukan sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara memeriksa kesehatan mata yang bisa Anda lakukan di rumah.

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

1.Menggunakan Aplikasi Android

Kemajuan teknologi membuat sejumlah perusahaan mengeluarkan berbagai fitur kesehatan melalui aplikasi smartphone. Salah satunya adalah aplikasi bernama Eye Exam. Nantinya setiap pengguna akan disuruh menebak angka yang tertulis di layar gadget.

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Namun syaratnya pengguna harus mengikuti jarak dan ukuran yang telah ditetapkan dalam aplikasi tes mata tersebut. Masih dengan sistem yang sama, pengguna juga akan diminta untuk menebak gambar. Setelah semua angka dan gambar ditebak, maka aplikasi akan memberitahu hasilnya.

2.Menggunakan Foto Ilusi Optik

Belum lama ini beredar foto ilusi optik yang dapat digunakan untuk memeriksa mata. Gambar yang terdiri dari banyak titik-titik kecil di dalamnya akan membentuk empat digit angka yang harus disebutkan. Anda harus melihatnya dengan cermat untuk dapat melihat angka itu dengan jelas.

Ada tiga pilihan angka yang disediakan, yakni 3240, 1246, dan 1240. Ketiga variasi angka ini memberi makna berbeda dan dianggap mendefinisikan kondisi mata Anda. Angka 3240 artinya cylindris dan no minus, 1246 minus ringan tanpa cylindris, sementara 1240 mata sehat atau normal.

3.Tes Hitung Jari

 

Dari seluruh metode tes mata yang ada, bisa dibilang cara inilah yang paling sederhana dan tidak menggunakan modal sama sekali. Anda hanya membutuhkan jari tangan. Waktu yang diperlukan untuk melakukan tes ini pun relatif singkat, namun tidak bisa dilakukan seorang diri.

Anda membutuhkan seorang teman yang akan mengacungkan jari dengan jarak tiga meter. Jika jawaban yang Anda jawab benar, namun pandangannya agar buram, tandanya seseorang mengalami gangguan penglihatan tipe sedang. Tapi jika jari sama sekali tidak terlihat, maka gangguan penglihatan tergolong berat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini