nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bintit di Mata, Begini Cara Mengatasinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 23 481 2133492 bintit-di-mata-begini-cara-mengatasinya-t76QccDYm3.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PERNAHKAH Anda merasa sakit seperti ada sesuatu yang mengganjal di mata? Biasanya hal itu disebut bintit atau biasa disebut hordeolum.

Bintit dipicu oleh retensi cairan hingga berujung infeksi parah. Dalam beberapa kasus, pembengkakan tersebut akan hilang dalam 24 jam, tapi pada beberapa kasus yang parah, bintit bisa menjadi mimpi buruk bagi pengidapnya bahkan harus menjalani operasi mata.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Dikutip dari Healthline pada Sabtu (23/11/2019), selain retensi cairan dan infeksi, bintit juga bisa disebabkan oleh alergi, gigitan serangga, stye, chalazion (kelenjar minyak yang tersumbat), peradangan di sekitar mata, cedera, dan lain-lain.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Memang penyebabnya bisa terjadi karena banyak faktor, namun Anda tidak perlu khawatir. Dalam kasus yang ringan bintit bisa diatasi atau diobati secara mandiri di rumah tanpa harus mengunjungi dokter. Cara termudah yakni dengan mengompres mata menggunakan air hangat.

Sementara dikutip dari laman spesialisbedah, disarankan untuk berikanlah sedikit pijatan secara perlahan ketika mata sedang dikompres. Lakukan hal ini sebanyak empat kali sehari dengan durasi masing-masing 10 menit.

Selain itu mengonsumsi antibiotik juga dapat mempercepat penyembuhan infeksi. Pastikan obat harus dengan resep dokter.

Jika kedua cara tersebut tidak kunjung berhasil untuk menyembuhkan bintitan. Maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan pergi ke dokter guna pemeriksaan lanjutan, dan bisa saja petugas medis menyarankan operasi.

Meskipun terlihat menyeramkan, tapi Anda tak perlu khawatir. Pasalnya operasi ini tergolong operasi kecil dan tidak memerlukan jahitan.

Dokter nantinya akan melakukan operasi untuk mengeluarkan nanah yang ada pada bintitan. Apabila nanah tersebut tidak begitu dalam, maka dokter akan memecahkannya menggunakan jarum. Sebaiknya jika nanahnya cukup dalam, maka sayatan kecil diperlukan untuk mengeluarkannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini