nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajar SMA Tulis Tugas Sekolah Pakai Daun Pisang, Bikin Netizen Terenyuh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 09:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 23 612 2133436 pelajar-sma-tulis-tugas-sekolah-pakai-daun-pisang-bikin-netizen-terenyuh-UxdzX06JPC.jpg Pelajar SMA menulis di atas daun pisang (Foto: Arcilyn Balbin Azarcon)

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara di dunia masih berjuang keras menyediakan akses dan fasilitas pendidikan yang layak bagi warga negaranya. Seperti kisah mengharukan yang datang dari seorang pelajar SMA asal Lianga, Surigao del Sur, Filipina, Erlande O. Monter.

Di saat arus globalisasi dan perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi, pelajar SMA malang itu menggunakan daun pisang untuk mencatat tugas yang diberikan oleh gurunya.

Dalam unggahan foto dari akun Twitter @rapplerdotcom, Erlande tampak mengerjakan soal di atas selembar daun pisang yang ia bawa dari rumahnya. Hasil pantauan Okezone, kala itu, Erlande tengah mengerjakan soal matematika.

Meski dengan segala keterbatasannya, remaja berusia 16 tahun itu tidak pernah merasa malu dan tetap fokus memperhatikan arahan yang diberikan oleh gurunya.

 Anak sekolah

(Foto: Arcilyn Balbin Azarcon)

Pemandangan ini seolah mengingatkan kita kepada perjuangan para murid di Indonesia yang harus berjuang keras demi mendapatkan pendidikan layak seperti teman-teman sebayanya. Tak terhitung berapa kali kasus murid SD yang harus menyeberangi sungai karena infrastruktur menuju sekolah mereka rusak karena banjir.

Tak sedikit pula di antara mereka yang harus berjalan kaki menempuh jarak puluhan kilometer hanya untuk pergi ke sekolah.

Ditambah lagi, video viral yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan jagat maya.

Dalam video, seorang bocah tampak meminjam tablet di sebuah toko smartphone untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

Kejadian seperti ini memang sering terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Filipina, dan masih banyak lagi. Padahal, seiring kemajuan teknologi yang begitu pesar, sudah seharusnya para pelajar turut merasakan privilege tersebut.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak di antara mereka yang belum beruntung, dan harus berjuang keras demi mendapat pendidikan yang layak.

Jadi jangan heran bila foto atau video yang merekam jerih payah mereka, mendapat begitu banyak simpati dari para netizen hingga viral di berbagai media sosial.

 Anak sekolah

(Foto: Arcilyn Balbin Azarcon)

Buktinya, foto pelajar yang menulis tugas di atas selembar pisang itu telah dibagikan lebih dari 800 kali, dan dibanjiri ratusan komentar netizen yang merasa iba.

"Apakah ada yang bisa menghubungi remaja ini? Sehingga kami bisa memberikan peralatan yang lebih layak untuk keperluan sekolahnya," tulis seorang netizen.

"Ini sangat menyedihkan. Tidak ada satupun pelajar yang seharusnya berada pada kondisi ini," tulis akun @Des**ewolf1982.

"Berikan aku alamat rumahnya. Aku akan memberikan dia buku dan peralatan lainnya," tulis akun @whoopsie**aisy.

"Hal serupa terjadi pada tahun 1950 silam, di mana tidak ada sama sekali suplai buku. Para pelajar menggunakan daun pisang untuk menulis pelajaran. Tapi waktu telah berubah, dan pelajar ini masih menggunakan daun pisang untuk mengerjakan tugas? Sangat menyedihkan. Hatiku hancur melihatnya," tulis akun @ro**hitosis1.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini