nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ungkap 3 Makanan Favorit di Bogor, Tahu Gejrot Salah Satunya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 24 298 2133785 jokowi-ungkap-3-makanan-favorit-di-bogor-tahu-gejrot-salah-satunya-qMjZzPhYpq.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone)

SEBAGAI Presiden, Joko Widodo (Jokowi) ternyata punya hobi makan yang merakyat. Ya, ia kerap memilih restoran biasa yang menyajikan makanan rumahan. Salah satunya yang ia temui di Bogor, Jawa Barat.

Ya, Vlog #JKWKULINER telah rilis dan kali ini edisi Bogor. Dalam video tersebut, Jokowi coba membeberkan tiga restoran yang pernah ia datangi langsung pun ia undang ke Istana Negara Bogor.

Video singkat ia bagikan di Instagram pribadinya. Dalam video tersebut, Anda bisa lihat ketiga restoran tersebut punya makanan khas yang mungkin tak Anda temukan di wilayah lain.

Sementara itu, dalam keterangan video, Jokowi menaruh curhatan yang ia rasakan selama menetap di Bogor.

"Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya," tulisnya.

View this post on Instagram

Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya. Di kota ini terdapat begitu banyak rumah makan, modern dan tradisional, dengan resep dunia atau Nusantara. Apalagi jenis makanan Sunda dan Jawa. Ini tiga di antaranya, baik yang pernah saya undang ke istana atau saya yang datang ke sana. Martabak Kiki yang bahan-bahannya masih segar, tanpa bahan pengawet, dan diracik langsung oleh pemilik. Restoran Kluwih yang menyajikan makanan Sunda dengan cara unik: dihampar di atas lembaran daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati rame-rame. Pernah mencoba cumi balakutak? Atau minuman es tape kluwih? Di sini tempatnya. Atau Sate Tegal “Laka-Laka”. Tahu arti laka-laka? Rupanya, dalam bahasa Tegal: tidak ada duanya hehe. Di sini ada sate kambing muda dan tengkleng yang enak. Ayo ke Bogor.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Dia melanjutkan, Bogor menyimpan begitu banyak rumah makan modern dan tradisional dengan resep dunia atau Nusantara. Apalagi jenis makanan Sunda dan Jawa.

Nah, di video tersebut Jokowi membocorkan tiga rumah makan yang menjadi kesukaannya di Bogor. Ia menjelaskan, makanan dari rumah makan itu pernah ia konsumsi langsung di Istana atau ia makan di tempat.

So, tiga rumah makan kesukaan Jokowi di Bogor apa saja?

Martabak dan Bakso Kiki

Menurut Jokowi, rumah makan ini menyajikan menu makanan yang bahan-bahannya sangat segar, tanpa bahan pengawet, dan diracik langsung oleh pemiliknya.

Dalam video, Pemilik Martabak dan Bakso Kiki, Kiki Snajaya menjelaskan, kini saatnya makanan lokal mendunia. "Produk lokal harus diangkat, jangan lama-lama lagi," katanya.

Restoran Kluwih

makanan yang dihampar di atas selembar daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati bersama-sama.

Restoran ini masuk dalam rekomendasi restoran yang wajib didatangi saat ke Bogor. Rumah makan ini menyajikan makanan Sunda, tapi dengan cara yang unik. Ya, menurut Jokowi, makan di sana Anda akan diberi makanan yang dihampar di atas selembar daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati bersama-sama.

"Pernah mencoba cumi balakutak? Atau minuman es tape kluwih? Di sini tempatnya," kata Jokowi.

Sementara itu, Manajer Operasional Kluwih Yeksha Buana Alam menjelaskan menu favorit Jokowi. Ia menerangkan, Jokowi itu suka dengan menu yang sederhana.

"Ayam goreng, tahu, tempe, sambal, lalapan, dan cah jantung pisang. Oh iya, sama tahu gejrot," terang Yeksha.

Sate Tegal 'Laka-Laka'

sedikit kalau dirinya amat banngga bisa menyajikan makanan pada orang nomor satu di Indonesia.

Di restoran ini, Jokowi cukup terkesan dengan dua menu makanannya. Ya, ada sate kambing muda dan tengkleng. Di sisi lain, Jokowi juga menjelaskan kalau arti dari 'Laka-Laka' adalah tidak ada duanya. Itu bahasa Tegal.

Nah, Pemilik Sate Tegal 'Laka-Laka' Sunarto menjelaskan sedikit kalau dirinya amat banngga bisa menyajikan makanan pada orang nomor satu di Indonesia.

"Saya bangga bisa menyajikan menu untuk rang nomor satu di Indonesia," ucapnya di Vlog #JKWKULINER edisi Bogor ini.

So, apakah Anda ikut penasaran dengan tiga restoran rekomendasi Presiden Jokowi ini? Kalau yang sudah pernah, bisa ceritakan pengalamannya, ya!

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini