nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Liburan Akhir Tahun Anti Mahal? Ini 5 Tipsnya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 November 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 24 406 2133901 mau-liburan-akhir-tahun-anti-mahal-ini-5-tipsnya-BajyUdXBMm.jpeg foto: ist

JAKARTA – Tahun 2019 akan segera berakhir. Sebelum menyambut tahun baru, biasanya masyarakat akan pergi berlibur untuk melepas penat karena padatnya aktivitas kantor yang dapat menimbulkan stres.

Sayangnya, libur panjang akhir tahun atau yang biasa disebut peak season membuat biaya-biaya seperti pesawat, hotel, transportasi menjadi lebih mahal. Untuk itu, perlu rencana yang matang supaya liburan tetap berkesan tanpa bikin kantong jebol.

Bagi kamu yang sudah memiliki agenda liburan di akhir tahun ini, berikut Okezone rangkum tips supaya liburan jadi hemat dan juga berkesan.

Tentukan Durasi Liburan

Menentukan waktu keberangkatan serta berapa lama kamu akan pergi berlibur merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Jangan anggap remeh hal tersebut karena akan berdampak pada tujuan, biaya tiket perjalanan, bujet untuk penginapan, hingga bujet untuk makan selama perjalanan. Selanjutnya, perhitungkan biaya pengeluaran dengan berapa lama perjalanan yang akan kamu lalui. Jadi kamu bisa mempersiapkan uang saku untuk ketentraman perjalanan kamu.

Pilih Destinasi yang Terjangkau

Untuk merayakan tahun baru yang hadir sebentar lagi, banyak pilihan destinasi yang bisa dikunjungi. Salah satunya Bali. Bali merupakan lokasi wisata ternama di Indonesia. Bahkan, turis mencanegara juga terkagum-kagum dengan Pulau Dewata. Meski sudah tersohor, bukan berarti berwisata di Bali membutuhkan biaya yang besar. Ada sejumlah destinasi yang tidak berbayar saat dikunjungi, seperti Pantai Tegal Wangi, Ladang Bunga Marigold, Air terjun di desa Musi, hingga Angle’s Billabong.

Mengenai Pantai Tegal Wangi, Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset bersama orang tersayang. Menariknya, pantai ini juga dikenal sebagai hidden gem karena akses yang dilalui menuju ke pantai harus melalui tebing tersebut. Tentunya semakin menarik karena anda tak perlu merogoh koscek untuk ke tempat ini.

Anggarkan Bujet yang Dibutuhkan

Setelah menentukan tanggal keberangkatan serta lamanya durasi liburan, kamu bisa menyusun bujet secara rinci. Mulai dari tiket pesawat, biaya hotel, tiket masuk objek wisata, biaya makan, sampai bujet untuk membeli oleh-oleh.

Usahakan tidak melebihi target dari total bujet yang sudah kamu tentukan. Pilihlah liburan yang sesuai dengan bujet kamu. Terlebih, jangan memaksakan liburan mewah yang akan menghabiskan dana besar apalagi jika setelahnya kamu harus berhutang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mulai Menabung Agar Bujet Terkumpul

Jika semuanya sudah disusun secara matang dan detail, kini saatnya mulai menabung khusus untuk liburan. Setidaknya alokasikan 10% dari gaji kamu untuk tabungan liburan akhir tahun. Semakin cepat memulai, maka akan semakin banyak dana yang terkumpul.

Manfaatkan Promo

Di era industri 4.0 ini kamu bisa dengan bebas memilih promo-promo liburan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Salah satunya seperti WIP WIP HURA! yang bisa kamu manfaatkan untuk harga liburan yang lebih terjangkau dengan diskon pemesanan tiket pesawat, hotel, sampai tiket kereta dengan diskon hingga 70% yang bisa digunakan melalui aplikasi Pegipegi.

Promo WIP WIP HURA! ini akan berlangsung mulai 25 hingga 29 November 2019. Segera download aplikasi Pegipegi dan nikmati diskon berlimpah-ruahnya!

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini