nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Dianggap Remeh, Ini Ciri-Ciri Kanker Mata yang Wajib Kamu Tahu

Nisya Indah Putri, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 16:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 24 481 2133791 sering-dianggap-remeh-ini-ciri-ciri-kanker-mata-yang-wajib-kamu-tahu-CunQzZ3ccF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TUBUH kita memang bekerja secara unik, dan memiliki cara tersendiri dalam bekerja. Tidak jarang, tubuh mengeluarkan alarm pengingat, jika kondisi tubuh kita tidak lagi seperti biasanya.

Salah satu yang jarang diperhatikan adalah mata. Kesehatan mata kerap kali dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal mengabaikan hal sepele yang terjadi pada mata seperti gangguan fokus, perih dan lain-lain tanpa kita sadari bisa menjadi sebuah gejala kanker stadium awal.

Lantas, apa saja gejala-gejala awal penyakit mata yang berpotensi menjadi kanker? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari Thesun.

Lantas, apa saja gejala-gejala awal penyakit mata yang berpotensi menjadi kanker?

Penglihatan buram atau hilang

Pada gejala kanker mata stadium awal, penglihatan mata akan memburam atau bahkan kehilangan penglihatan sama sekali. Hal ini bukan dikarenakan oleh efek rabun dekat ataupun rabun jauh, melainkan oleh gangguan fokus yang tidak biasa.

Sebagian orang mungkin sulit membedakan dengan gangguan fokus biasa. Sel kanker akan mempengaruhi kemampuan visual Anda untuk melihat.

Muncul bercak pada bola mata

Ciri khas yang kerap muncul pada kanker mata stadium awal yaitu munculnya bercak atau noda pada bola mata. Bercak tersebut dapat berwarna putih, cokelat, atau hitam. Noda pada mata bisa jadi katarak namun tetap saja berbahaya untuk penglihatan Anda.

Mata atau kelopak mata membengkak

Pembengkakan pada mata atau kelopak mata ini biasanya disertai dengan rasa sakit pada mata dan menimbulkan peradangan sehingga tampak kemerahan.

Perubahan pada pupil mata

Sel kanker akan membuat pupil mata tampak mengalami perubahan ukuran dan bentuk.

Sel kanker akan membuat pupil mata tampak mengalami perubahan ukuran dan bentuk.

Lebih sensitif terhadap cahaya

Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya membuat Anda akan sulit melihat di tengah cahaya yang terlalu terang. Mata akan menjadi mudah silau serta merasa panas.

Mata berair

Saat mata mengalami peradangan karena sel kanker, mata akan mengalami reaksi dengan mengeluarkan lendir. Pada umumnya, mata akan berupaya menjaga kelembaban dengan mengeluarkan air mata saat ada benda yang mengganjal di dalamnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini