nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pacar Punya Kepribadian Tertutup? Ini 5 Tips agar Doi Tak Ragu Membuka Diri

Nisya Indah Putri, Jurnalis · Senin 25 November 2019 13:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 25 196 2134081 pacar-punya-kepribadian-tertutup-ini-5-tips-agar-doi-tak-ragu-membuka-diri-sEhDWFzpBj.jpg Ilustrasi (Foto : Yourtango)

Pengalaman yang menyakitkan, rasa malu, takut akan penilaian atau rasa percaya diri, semuanya dapat menghalangi kemampuan seseorang untuk terbuka. Jika pacar kamu tertutup, kemungkinan hal itu disebabkan dari masa lalunya.

Hal ini bisa membuat hubungan asmara kamu dan pacar tidak berjalan dengan baik. Apalagi ketika sedang membangun hubungan yang sehat, keterbukaan akan perasaan masing-masing sangatlah penting. 

Karena itu, tak ada salahnya jika kamu membantu dia untuk membuka dirinya. Berikut tips agar pacar yang tertutup tak ragu membuka diri, dilansir dari Yourtango :

1. Komunikasikan dengan jelas apa mau kamu.

pacaran

Jika menginginkan komunikasi yang lebih efektif dengannya, maka kamu harus melakukan hal yang sama. Beri tahu dirinya secara langsung bahwa kamu ingin mengenal satu sama lain lebih baik lagi, tetapi dengan cara dan nada yang baik.

Yakinkan bahwa kamu bisa menjadi tempat bagi pacar membicarakan sesuatu yang sedang terjadi pada dirinya. Dengan melakukan itu, kamu akan menciptakan sebuah kepercayaan dan tempat yang aman.

2. Selalu bersimpati

Berbicara tentang simpati, masa lalu pasangan kamu mungkin adalah alasan mengapa ia ragu untuk terbuka. Ketika pacar berani berbagi hal-hal sulit itu, kamu dapat mengatakan bangga dan menghargai usahanya. Hal itu akan membantu dirinya merasa lebih nyaman dengan kamu yang sering menunjukkan pengertian.

pacaran

3. Jangan memaksa

Ketika kamu memaksanya, ia hanya akan merasa frustrasi dan tertekan. Jadi, jangan paksa ia untuk berbicara dan biarkan dirinya mendatangi kamu ketika sudah merasa siap.

4. Dengarkan, jangan berdebat

Fokus untuk memahami perasaannya daripada berdebat tentang masalahnya. Dengarkan dengan tulus dan biarkan ia berbicara sampai merasa dirinya jauh lebih baik. Fokus pada apa yang ia katakan, lupakan dahulu bagaimana kamu akan merespon.

pacaran

5. Memberi contoh

Mungkin sulit bagimu memberi contoh atau saran ketika kamu menunjukan emosi yang berlebihan. Tetapi kamu tidak bisa mengharapkan seseorang untuk terbuka jika tidak bisa melakukan hal yang sama.

Bersikaplah terbuka biar pacarmu nyaman berbagi pengalaman karena kamu tidak menetapkan batasan. Hal ini akan menciptakan percakapan yang lebih mendalam dan memperat hubungan.

 

Kamu tidak bisa memaksa seseorang untuk terbuka, tetapi kamu dapat membantu mereka sampai kesitu. Jadi, buat pasangan merasa pantas untuk mengungkapkan perasaannya dan tegaskan bahwa perasaan itu tidak akan mengubah cinta kamu kepada dirinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini