nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Jadi Hak, Masih Ada 10 Persen Anak Indonesia Tak Punya Akta Kelahiran

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 November 2019 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 25 196 2134210 meski-jadi-hak-masih-ada-10-persen-anak-indonesia-tak-punya-akta-kelahiran-YsWY4jZqft.jpeg Ilustrasi akta kelahiran (Foto : Okezone)

Setiap anak yang lahir, sejatinya memiliki akta kelahiran. Sebab, tahukah Anda bahwa sebetulnya akta kelahiran merupakan salah satu hak paling mendasar dari setiap anak?

Tapi sayangnya, hak mendasar dari setiap anak untuk bisa memiliki akta kelahiran nyatanya tidak semua orang tua memahami. Ketidaksadaran para orangtua tentang betapa pentingnya akta kelahiran anak ini, seperti yang dijelaskan oleh Dra. Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Menurutnya, masih ada sekira 10 persen anak Indonesia yang tidak memiliki akta kelahiran. Saat ini sudah ada 90 persen anak Indonesia yang memiliki akta kelahiran.

bayi

“Ini tersebar di daerah-daerah yang tidak terjangkau, misalnya kayak di daerah perbatasan. Misal juga tinggal di daratan, tapi di pegunungan,” ungkap Dra. Leny saat ditemui Okezone, Senin (25/11/2019) dalam gelaran “Dialog Anak Bersama KemenPPPA dan Koalisi NGO dalam Rangka Memperingati 30Tahun Hari Konvensi Hak Anak” di Gedung KemenPPPA, Jakarta Pusat.

Selain kendala jarak, Leny menambahkan sebetulnya angka ketidakpemilikan akta kelahiran anak di Indonesia juga dipicu oleh adanya ketidakpahaman dari pihak orangtua.

bayi

“Kadang ya, orangtua sendiri loh enggak sadar betapa akta kelahiran ini penting. Tanpa akte anak-anak kan enggak bisa dapat akses pendidikan, akses kesehatan. Itu Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, sampai paspor kan bikinnya butuh akta kelahiran,” imbuhnya.

Pemerintah sendiri, melalui Kemendagri berupaya untuk mengurangi jumlah anak Indonesia yang tidak memiliki akta kelahiran. Salah satunya dengan melakukan inovasi dengan adanya Penerapan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) sebagai solusi.

akta kelahiran

Dalam Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran yang kedepannya bisa diurus lebih mudah dan cepat dengan sistem mesin ATM. Sehubungan dengan adanya terobosan sistem ini, diungkapkan Dra.Leny, KemenPPPA sendiri sangat mengapresiasi.

“KemenPPPA sangat mengapresiasi tentunya, ini akan sangat membantu. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah yang sulit dijangkau, jauh lah, mahal lah. Tentunya kita KemenPPPA juga sambil terus mensosialisasikan ke daerah-daerah,” tutup Dra.Leny.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini