Bahaya Influenza, Penyakit yang Sering Berubah Tiap Tahunnya

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 25 November 2019 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 481 2134357 bahaya-influenza-penyakit-yang-sering-berubah-tiap-tahunnya-fJTKWqGCyG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKI suka diremehkan, ternyata influenza yang sering diabaikan banyak orang ternyata bisa mengancam nyawa. Sebabnya, penyakit menular ini akan menyerang saluran napas manusia.

Influenza mudah ditularkan lewat penyebaran virus, berupa tipe A dan tipe B. Siapapun orang yang punya sistem kekebalan tubuh menurun, pasti mudah terserang influenza.

Bukan hanya menjadi penyakit yang ada di Indonesia, influenza juga tersebar di seluruh dunia. Makanya sebelum ke traveling ke luar negeri, Anda dianjurkan untuk melakukan vaksin influenza.

Ketua Indonesia Influenza Founfation (IIF) Prof dr Cissy B Kartasasmita SpA(K), PhD, menjelaskan, secepat mungkin seseorang harus berupaya mencegah penularan penyakit influenza. Bukan dari pemerintah maupun stakeholder di bidang kesehatan, melainkan masyarakat harus peduli.

Makanya sebelum ke traveling ke luar negeri, Anda dianjurkan untuk melakukan vaksin influenza.

"Kita bisa memulainya dengan menjalankan gaya hidup sehat yang dapat meminimalkan penyebaran virus. Misalnya mencuci tangan dan menutup mulut hidung ketika bersin," ujar Prof Cissy di sela Talkshow "Bebas Influenza Saat Traveling di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Prof Cissy menambahkan, orang yang berisiko tinggi terkena penyakit influenza biasanya dari beberapa kalangan. Misalnya orang lanjut usia, tenaga kesehatan, penderita penyakit kronis, penderita penyakit kardiovaskuler, serta kemungkinan besar para traveller.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), sekira 5-10 persen orang dewasa dan 20-30 persen anak-anak terkena influenza setiap tahun. Serta sekira 290.000 hingga 650.000 orang meninggal dunia karena influenza.

Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia Prof Dr dr Iris Rengganks, SpPD, K-AI, FINASIM, menambahkan, vaksinasi adalah cara terpenting untuk mencegah influenza. Khususnya bagi pada traveller yang hendak melancong ke luar negeri.

Khususnya bagi pada traveller yang hendak melancong ke luar negeri

"Influenza penyakit menular yang paling umum diderita oleh para wisatawan mancanegara. Tapi bisa dicegah dengan vaksin yang bisa efektif mencegah," ungkap Dokter Iris.

Dia menerangkan, vaksin influenza harus dilakukan setahun sekali. Karena secara medis, respons imunitas tubuh terhadap vaksinasi menurun seiring waktu, sehingga vaksinasi influenza diulang sebagai proteksi yang lebih optimal.

"Ditambah strain virus influenza yang dominan menyebar di seluruh dunia berubah setiap tahun. Sehingga formula vaksin flu juga harus disesuaikan setiap tahun," terang Dokter Iris.

Bukan itu saja, seseorang yang melakukan vaksinasi, sama saja dengan melakukan investasi kesehatan di masa depan. Baik itu untuk mencegah influenza atau penyakit lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini