nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Tidak Tertipu, Ini Tips Belanja Perhiasan Emas di Toko Online

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 17:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 26 194 2134684 biar-tidak-tertipu-ini-tips-belanja-perhiasan-emas-di-toko-online-rxbYhUHEI7.jpg Tips beli perhiasan emas (Foto: Santana Jewel)

MENGOLEKSI emas menjadi salah satu kegemaran perempuan. Baik itu berupa perhiasan atau emas batangan yang nilai jualnya.

Bukan sekadar memilih perhiasan yang lagi tren, ada metode penjualan yang kian beragam. Banyak orang suka belanja emas di situs belanja daring karena biasanya model up to date, harganya lebih miring atau mungkin kualitasnya lebih bagus.

Tapi kalau membeli emas lewat situs daring jangan sampai terkecoh. Karena banyak ragam emas dijual secara menggiurkan.

Belanja online

Direktur OroriGroup, Triono J Dawis, mengatakan, tingginya animo masyarakat terhadap belanja emas dan logam mulia lewat situs daring, menuntut adanya sistem keamanan berlapis yang mumpuni. Cara ini wajib dikakukan supaya seseorang tidak merasa ditipu.

"Kalau dulu toko retail menjadi pilihan utama membeli produk seperti perhiasan. Sekarang orang cenderung banyak yang beli emas lewat situs daring," ungkap Triono.

Maka itu, setiap penjual harus menyediakan sistem keamanan jual-beli emas. Mulai dari penjaminan keamanan bertransaksi, ekspedisi terasuransi, hingga pengecekan autentisitas emas menggunakan pemindaian QR Code, menjadi kunci untuk revolusi ekosistem investasi emas berbasis digital di Indonesia.

"Fokus pada penguatan sistem keamanan saat bertransaksi," imbuh Triono.

CEO PT SGI John Aryananda, menambahkan, pasar jual beli emas yang didominasi oleh mom-and-pop stores, memiliki keterbatasan alat untuk mengecek keaslian emas bersegel tertutup.

Ilustrasi belanja online

Salah satu cara paling mudah mengecek keaslian emas adalah dengan menyentuh dan menimbangnya tanpa lapisan penutup apapun.

"Kalaupun ada kemasan, setiap toko memperbolehkan konsumen menyentuh dan melihat langsung, tanpa khawatir dirusak," tuturnya.

Ada pula tren model perhiasan emas beberapa tahun belakangan disenangi kaum hawa. Misalnya saja perhiasan emas dengan batu berlian dan permata yang tak lekang oleh waktu.

Bukan itu saja, model emas yang disukai saat ini cenderung memilih handmade. Para kolektor bahkan lebih suka membuat perhiasan dengan model sesuai keinginan alias custom.

Semakin unik perhiasannya, harga belinya pun tambah mahal. Meski begitu kepuasannya tetap sebanding dengan keinginan para pencinta perhiasan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini