nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Seru Artika Sari Devi Ajak Anak Bijak Kelola Sampah

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 26 196 2134645 cara-seru-artika-sari-devi-ajak-anak-bijak-kelola-sampah-hHlgdguTPh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGAJARKAN anak agar terbiasa mengelola sampah memang harus dilakukan sejak kecil. Tapi, memang tidak mudah untuk mengarahkan anak-anak membuang sampah pada tempatnya.

Nah, jika ada kesulitan untuk mengajarkan anak untuk mengelola sampah, bisa ikuti saran Artika Sari Devi. Ada cara unik yang dia lakukan agar si kecil bijak mengelola dengan rutin.

Istri Baim "The Dance Company" itu tak pernah bosan mengingatkan buah hatinya agar mau membuang sampah pada tempatnya. Tak cukup itu, dia juga mengajak si kecil kreatif mendaur ulang sampah yang ada di lingkungannya.

Diakui Artika Sari Devi, sedini mungkin anak wajib diberikan pemahaman tentang mengelola sampah. Hal tersebut bisa dimulai dari rumah karena mudah dilakukan.

"Sampah hadirnya setiap hari, kalau tidak dikelola dengan bijak pasti akan berdampak buruk. Anak-anak juga perlu diberikan pemahaman dan contoh baik dalam mengelola sampah," ucap Artika Sari Devi ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Tak cukup itu, dia juga mengajak si kecil kreatif mendaur ulang sampah yang ada di lingkungannya.

Sebagai ibu, sambung Artika Sari Devi, anak-anak menjadi peneris generasi ke depan. Dia bersama dua buah hatinya mulai mengelola sampah serta membuang sampah di tempat yang sesuai.

Ketika dia tidak melakukan tersebut, menurut Artika Sari Devi, dampaknya bisa memperburuk lingkungan sekitar. Selain itu, imbasnya dapat juga menyusahkan orang lain.

"Saya memberi contoh kepada anak-anak, misalnya ketika jalan di manapun, kalau mereka bawa kemasan makanan yang jadi sampah, harus disimpan sampai menemukan tempat sampah. Mindset mereka seperti itu membuatnta selalu bertanggung jawab," ungkap Artika Sari Devi.

Sementara itu, saat berada di rumah, si kecil juga tak lupa diingatkan untuk membuang sampahnya. Atau khusus untuk sampah daur ulang seperti plastik, bisa dikelola atau dapat diubah menjadi barang yang berguna.

Misalnya saja sampah plastik dari botol air mineral atau kemasan makanan. Pernah suatu ketika putri Artika Sari Devi memanfaatkan barang daur ulang dari sampah botol plastik untuk dijual kembali.

Misalnya saja sampah plastik dari botol air mineral atau kemasan makanan.

"Anak-anak saya ajarkan untuk recycle sampah plastik. Beberapa bulan lalu, bikinlah sesatu yang enggak nyampah, anak-anak mengumpulkan botol air mineral 1500 ml, dikemas dengan tali rafia dan bekas kaus papanya nge-band. Dimulainya bisa dari rumah, demi menciptakan lingkungan yang berkelanjutan," bebernya.

Kreatif mendaur ulang sampah, menurut Artika Sari Devi, jadi salah satu hal menyenangkan. Khususnya buat anak-anaknya yang selalu punya ide segar.

Ada juga beberapa kebiasaan lainnya yang diterapkan Artika Sari Devi kepada buah hatinya. Misalnya kalau pergi keluar rumah, mereka harus bawa tumbler minum, kantung belanja sendiri, sampai membawa sedotan anti plastik agar tidak semakin memperbanyak timbunan sampah di lingkungan sekitarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini