nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batuk 2 Bulan Tak Kunjung Sembuh, Ternyata Ada 2 Lintah Hidup di Tenggorokan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 26 481 2134812 batuk-2-bulan-tak-kunjung-sembuh-ternyata-ada-2-lintah-hidup-di-tenggorokan-ZZAHUfcEKo.jpg Lintah di dalam tenggorokan (Foto: Odditycentral)

SIAPA sih yang tidak merasa sebal jika sakit yang dialami tidak kunjung sembuh? Salah satunya batuk terus-terusan, yang tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi siapa sangka, sakit batuk yang dialami oleh seorang pria di Cina ini bukanlah batuk biasa.

Tim dokter di rumah sakit Wuping County, kota Longyan, Provinsi Fujian, Cina dilaporkan baru saja menangani seorang pasien yakni seorang pria yang mengaku telah sakit batuk non-stop selama 2 bulan.

Batuk

Ternyata batuk tidak kunjung sembuh ini disebabkan karena adanya lintah yang hidup di tenggorokan sang pria tersebut, seperti dilapor Odditycentral, Rabu (27/11/2019).

Sakit batuk tak kunjung sembuh selama dua bulan, pasien merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya. Setelah ia menyadari batuknya bukan cuma lendir, tapi sudah mulai mengeluarkan darah. Akhirnya ia memutuskan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit.

Saat di rumah sakit, para dokter di department pernafasan merekomendasikan pria tersebut untuk melakukan CT Scan. Namun, nihil hasilnya karena hasil CT Scan tidak menunjukkan apa-apa.

Akhirnya tim dokter memutuskan untuk mencoba melakukan tindakan prosedur yang disebut “bronchoscopy”. Sehingga tim dokter bisa memeriksa udara di tubuh pasien dengan menggunakan kamera kecil. Hasilnya? Tim dokter menemukan dua ekor lintah ada di tenggorokan pria tersebut!

Lintah di tenggorokan

Satu ekor lintah terletak sekira 3 centimeter di bawah bagian pita suara, dan satu ekor lagi berada di bagian lubang hidung sisi sebelah kanan.

Sang pria sendiri tak habis pikir bagaimana caranya lintah-lintah itu bisa masuk ke dalam tubuhnya. Menurut tim dokter, sepertinya dua ekor lintah itu masuk ke tenggorokan secara tidak sengaja saat pasien meminum air dari sungai pegunungan.

“Ketika ia minum air, lintah itu kemungkinan ukurannya sangat kecil dan tidak terdeteksi dengan mata telanjang. Kemudian selama dua bulan, lintah-lingah ini menghisap darah di tubuh pasien sehingga bisa tumbuh berkembang,” unar Dr Rao Guanyong.

Untungnya, setelah mendapat tindakan langsung dari tim dokter dengan menggunakan tweezer (alat penjepit). Kini dua lintah tersebut sudah dibuang dari tenggorokan sang pasien, dan kini sang pasien sedang dalam proses penyembuhan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini