nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ojek Online Beri Kenyamanan dan Keamanan Perjalanan Para Penumpang

Rabu 27 November 2019 09:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 26 612 2134583 ojek-online-beri-kenyamanan-dan-keamanan-perjalanan-para-penumpang-N9iuMFMisG.jpg Driver Gojek dan Penumpang (Foto: Ist)

JAKARTA - Keberadaan ojek online tak bisa dipungkiri sangat membantu masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Misalnya, ojek online mampu menghantar penumpang lebih cepat sampai tujuan meski jalanan sedang ruwet alias macet.

Ojek online juga diincar masyarakat karena dianggap lebih praktis terutama saat sedang mengejar waktu. Di samping itu, ojek online juga sangat berjasa bagi orang-orang yang malas membawa kendaraan pribadi.

Meta, seorang karyawan swasta, mengaku hampir setiap hari menggunakan jasa ojek online untuk menuju kantornya di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Dari kosannya di bilangan Menteng, butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit perjalanan dengan asumsi terjadi kemacetan. Tentunya, bila jalanan lancar waktu tempuh menjadi lebih cepat.

"Bagi saya, ojek online itu sangat membantu. Dibanding angkutan umum lain, menggunakan ojek online bisa lebih cepat sampai. Kerena motor kali ya, bodynya lebih kecil dibanding mobil, jadi nyalip-nyalip di kemacetan gampang," terangnya.

Alasan Meta memilih ojek online bukan semata karena cepat sampai, tapi juga karena dia malas bawa kendaraan sendiri. Terlebih jika harus mencari parkiran yang terkadang penuh.

"Sempat ada yang tanya kenapa nggak beli motor saja, saya jawab males. Karena apa, jalanan macet itu udah membuat pusing duluan. Jadi ketimbang saya pusing sampai kantor karena bawa motor sendiri, mending naik ojek." urainya sambil berkelakar.

Sejauh menggunakan ojek online, dia puas dengan layanan yang didapat. Di antaranya, motor yang digunakan selalu bagus dan nyaman. Dan yang tak kalah penting, pengemudi ojek online juga ramah dan sopan. Sehingga dia merasa aman dan percaya dengan driver, tinggal duduk santai lalu tiba di tempat tujuan.

"Pernah suatu waktu malah, drivernya bawa motor cowok yang gede. Saya mbatin, mayan bisa ngerasain motor gede, sejauh ini enggak pernah. Pernah juga waktu pergi agak jauh, abangnya kasih solusi jalanan biar terbebas dari macet. Ya seneng, karena memang males banget deh kalau harus macet-macetan," akunya.

Sementara itu, Sudrajat, salah satu driver ojek online, mengaku berusaha memberikan service terbaik bagi penumpang karena baginya penumpang adalah prioritas. Di samping, menjadi driver ojek merupakan pekerjaan utamanya sehingga dilakoni sebaik mungkin.

"Saya maunya memberi yang terbaik. Ya caranya, motor selalu bersih, rutin diservice biar penumpang nggak kecewa saat naik motor kita. Sama tetep mengutamakan keselamatan & kenyamanan selama perjalanan," akunya.

Dia juga mengaku, peran perusahaan cukup besar dalam membimbing driver untuk memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan.

"Kebetulan saya di Gojek, dan perusahan sering mengadakan pelatihan buat para driver seperti BBM (Bengkel Belajar Mitra) dan juga pelatihan keselamatan berkendara yang berkolaborasi dengan RDL (Rifat Drive Labs)," akunya.

BBM atau Bengkel Belajar Mitra merupakan wadah pelatihan yang diadakan oleh Gojek dengan menggandeng beragam ahli untuk meningkatkan kemampuan pelayanan prima. Adapun materi yang diberikan seperti kelas Bahasa Inggris, pelatihan P3K, workshop otomotif, dan masih banyak lagi. Sedangkan, pelatihan keselamatan berkendara adalah pelatihan bersertifikat untuk melatih berkendara dengan aman dan sesuai aturan yang berkolaborasi dengan RDL (Rifat Drive Labs), yang merupakan tim Rifat Sungkar mantan Pereli Nasional Indonesia.

Monita Moerdani, selaku VP Transport Marketing Gojek, pada kesempatannya saat meluncurkan kampanye #PenjagaAmanah juga menambahkan, “Selain menyediakan berbagai pelatihan untuk mitra driver, tentunya Gojek juga terus melakukan pengembangan untuk fitur-fitur untuk membuat aplikasi lebih user friendly. Beberapa contoh, adalah Panduan Titik Jemput Terdekat (yang merekomendasikan titik penjemputan Gojek yang mudah ditemukan mitra driver), Titik Jemput dengan Foto (sehingga memudahkan pelanggan menemukan titik jemput yang dipilih), GoCar dan GoRide Instan, dan juga fitur pengubah destinasi.”

Kampanye #PenjagaAmanah sendiri diluncurkan oleh Gojek pada tanggal 10 November lalu, dalam merayakan semangat Hari Pahlawan, untuk mengukuhkan posisi Gojek sebagai penyedia layanan on-demand yang paling diandalkan oleh masyarakat terutama kaum millenial (Alvara Research Center, 2019). Selain itu, kampanye #PenjagaAmanah juga bermaksud untuk mengingatkan para konsumen akan peran para mitra driver yang mengemban amanah konsumen dan menjadi pahlawan sehari-hari yang terkadang luput dari perhatian. (adv) (Wil)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini