nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kesalahan Makeup yang Bikin Wajahmu Terlihat Lebih Tua

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 07:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 27 611 2135182 7-kesalahan-makeup-yang-bikin-wajahmu-terlihat-lebih-tua-dUOsK0800Z.jpg Ilustrasi (Foto: Blush)

Seseorang menggunakan makeup untuk mempercantik diri dan merasa lebih percaya diri. Tak hanya menyempurnakan penampilan, makeup juga bisa membuat wajah seseorang terlihat lebih muda.

Untuk membuat wajah menjadi lebih muda tentu itu membutuhkan trik yang tepat dalam menggunakan makeup. Namun banyak dari mereka yang salah dalam menggunakan makeup dan malah membuat wajah menjadi terlihat lebih tua. Nah apa saja sih kesalahan dalam makeup yang membuatmu terlihat lebih tua? Berikut beberapa kesalahan tersebut dilansir dalam AsiaOne, Kamis (28/11/2019).

1. Lipstik gelap dan matte

 Bibir dan lipstik

Lipstik matte memang digemari oleh beauty enthusiast, namun lipstik matte ini memiliki plus dan minus-nya tersendiri. Nah minus-nya adalah lipstick matte ini membuat bibirmu mudah kering. Hasilnya, itu akan membuat wajahmu terlihat lebih tua.

Dan lipstik berwarna gelap akan membuat penampilan kamu menjadi lebih tua. Lipstik ini akan memberikan efek bibir kecil dan kurang memesona. Jika kamu ingin menggunakan lipstik berwarna gelap, kamu bisa menggunakannya saat acara tertentu seperti pesta pada malam hari.

Agar terlihat muda, kamu bisa menggunakan lipstik bertekstur cream dan berwarna terang ataupun warna yang soft. Kamu juga bisa menambahkan lip gloss di atas lipstik agar menambahkan efek glossy.

2. Concealer di bawah mata

Tujuan utama dalam penggunaan concealer adalah untuk menyembunyikan dark circle di bawah mata. Dengan menggunakan concealer yang terlalu banyak akan membuat efek yang tidak terlalu bagus pada bawah mata, daripada membuat cerah matamu itu hanya akan membuatmu terlihat lebih tua.

Hal yang harus kamu lakukan adalah menggunakan makeup brush, mengaplikasikan concealer yang tipis pada area gelap yang perlu ditutupi oleh concealer. Hindari menggunakan concealer di semua tempat atau di daerah yang tidak ada perubahan warna yang terlihat.

 Mata perempuan

3. Penggunaan maskara yang tidak benar

Maskara adalah bagian makeup yang tak terhindarkan dari rutinitas makeup setiap wanita. Ketika kamu melewati atau tidak beberapa produk makeup (tergantung dari pakaian, waktu dan mood), maskara adalah makeup yang tidak bisa dilewatkan, karena maskara memberikan efek tebal dan panjang pada bulu mata.

Bagaimanapun, ketika kamu menggunakan maskara secara tidak benar, itu akan menjadi efek yang buruk pada bulu mata dan penampilanmu. Berikut beberapa kesalahan umum dalam menggunakan maskara.

4. Menggunakan banyak foundation dan bedak

Foundation yang tepat pada kulitmu akan memberikan efek lebih muda pada penampilanmu dan dapat menyamarkan noda hitam atau kemerahan yang ada pada kulit wajah. Namun, menggunakan foundation terlalu banyak adalah hal yang tidak baik. Foundation yang telalu tebal akan membuatmu seperti menggunakan topeng dan membuatmu tampak lebih tua. Penggunaan foundation yang terlalu banyak juga akan menyumbat pori-pori dan membuat wajah menjadi kusam. Kamu harus menghapus foundation sebelum tidur, gunakan pembersih makeup seperti micellar water atau oil cleanser.

Selain itu, menggunakan bedak terlalu banyak dapat menonjolkan garis-garis halus dan kerutan di wajah, dan membuat kulit kamu menjadi kering. Agar terhindar dari hal tersebut kamu harus menggunakan bedak dan foundation yang tepat. Dan jangan mengaplikasikan produk tersebut terlalu banyak.

 Mata

5. Eyeshadow yang terlalu berlebihan

Cara kamu memilih dan menggunakan eyeshadow dapat membuat hancur penampilanmu. Contohnya, terlalu terang, warna yang natural akan membuat matamu terlihat lebih besar dan eyeshadow berwarna gelap akan membuat matamu terlihat lebih kecil.

Bahkan, menggunakan eyeshadow yang berlebihan akan menghilangkan penampilan naturalmu, dan itu bisa menyakiti kelopak matamu. Eyeshadow yang terlalu banyak akan membuat kelopak matamu kering dan memberikan efek gatal. Coba gunakan warna yang cerah, memiliki tekstur krim, atau menggunakan eyeshadow yang natural dan hindari pemakaian yang berlebihan.

6. Lip liner yang berlebihan

Dalam mengaplikasikan lip liner kamu harus berhati-hati jangan sampai berlebihan karena pemilihan lip liner yang salah akan menonjolkan garis halus pada bibirmu. Jangan menggambar garis bibirmu untuk membuat bibirmu terlihat semakin besar. Gunakan warna yang cocok pada bibir kamu.

7. Kurangnya penggunaan skincare

Skincare merupakan hal yang terpenting bagi beauty enthusiast. Banyak wanita yang mengaku bahwa mereka memiliki kebiasaan untuk tidak menghapus makeup sebelum tidur. Hasilnya, kotoran akan menumpuk pada kulit wajahmu. Dan membuat wajahmu kusam dan akan menimbulkan minyak pada wajah.

Jika kamu mau makeup terlihat bagus, maka kamu membutuhkan kulit yang sehat dan terpelihara. Gunakan skincare yang mengandung pembersih, toner (opsional), serum untuk memperkaya kulit dengan bahan-bahan aktif dan kuat, dan diakhiri dengan krim wajah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini