nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curug Cimahi, Keindahan di Tengah Bandung Barat yang Bisa Dikunjungi Akhir Pekan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 28 406 2135472 curug-cimahi-keindahan-di-tengah-bandung-barat-yang-bisa-dikunjungi-akhir-pekan-ini-wz58PKq4d5.jpg Curug Cimahi (Foto: Tiara Putri/Okezone)

Minat terhadap wisata alam tampaknya tak pernah padam. Sebagian besar wisatawan ketika berkunjung ke suatu destinasi pasti mencari objek wisata alam seperti air terjun. Di Bandung, Jawa Barat ada begitu banyak air terjun atau yang biasa disebut curug oleh masyarakat sekitar yang bisa dikunjungi.

Salah satu air terjun yang ramai dikunjungi adalah Curug Cimahi atau Rainbow Waterfall. Air terjun ini berada di Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kabupaten Bandung Barat.

 Destinasi wisata

Akses masuk ke air terjun berada di pinggir jalan. Wisatawan yang hendak berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkannya di terminal kecil sebelah pintu masuk.

Harga tiket masuk ke Curug Cimahi adalah Rp20 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp25 ribu untuk wisatawan mancanegara. Tak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, untuk melihat keindahan dari air yang mengalir dengan debit tinggi, wisatawan harus menuruni kurang lebih 587 anak tangga. Infrastruktur yang telah terbangun baik membuat wisatawan bisa berjalan dengan aman.

 Destinasi wisata

Selama perjalanan menuruni anak tangga, wisatawan dimanjakan oleh pemandangan alam berupa rimbunnya pepohonan hijau. Kebersihan dan kealamian dari lingkungan di sekitar air terjun juga masih sangat terjaga.

Jangan heran bila selama perjalanan wisatawan dapat melihat beberapa ekor monyet berkeliaran. Tapi tenang saja, monyet-monyet itu tidak usil.

Apabila wisatawan merasa kelelahan menuruni anak tangga, ada dua dek yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Di dek tersebut disediakan pula bangku-bangku yang terbuat dari ban bekas. Sambil duduk beristirahat di bangku, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam di sekitar air terjun.

Usai rasa lelah hilang, perjalanan dapat dilakukan kembali. Sesampainya di air terjun, wisatawan bisa langsung berfoto, bermain air, atau bahkan berenang. Namun wisatawan tidak diperkenankan berenang terlalu dekat dengan air yang mengucur dengan debit tinggi.

 Destinasi wisata

Salah-salah wisatawan bisa tenggelam. Ada pula penjaga yang selalu siap sedia memperingatkan wisatawan agar tidak berenang mendekat ke air terjun.

Wisatawan juga bisa berfoto di sejumlah tempat. Banyak spot-spot bagus yang menunjukkan keindahan Curug Cimahi. Bila sedang beruntung dan sinar matahari mendukung, wisatawan bisa melihat bias cahaya berwarna pelangi. Keistimewaan itulah yang merupakan awal mula munculnya nama Rainbow Waterfall.

Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga bisa menggunakan fasilitas seperti mushalla dan toilet. Sekadar informasi, ada mitos yang berkembang di masyarakat soal Curug Cimahi.

Konon, pasangan kekasih yang berkunjung ke sana jalinan cintanya bisa kandas. Hanya saja, mitos itu berlaku apabila wisatawan melakukan hal-hal di luar batas dengan pasangan. Selama masih berada dalam batasan norma, hubungan akan aman.

 Destinasi wisata

Puas menikmati keindahan air terjun, wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan tentu saja harus menaiki ratusan anak tangga. Walaupun sudah terbayang letihnya, namun dapat dipastikan wisatawan tidak menyesal telah berkunjung ke Curug Cimahi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini