Pahami Pemicu Katarak pada Anak Baru Lahir, Termasuk Cara Penyembuhannya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 481 2135581 pahami-pemicu-katarak-pada-anak-baru-lahir-termasuk-cara-penyembuhannya-liowEIV7nr.jpg Katarak pada kelahiran bayi (Foto: Thebump)

SEJAK lahir anak dapat saja mengalami penyakit katarak. Banyak pemicunya yang harus Anda ketahui, termasuk juga dengan cara penyembuhannya.

Katarak pada umumnya terjadi karena proses degenerasi mata. Tapi bukan berarti pada anak tidak mungkin terjadi penyakit katarak, khususnya pada bayi baru lahir.

Spesialis Mata dr Rien Widyasari, SpM, mengatakan, penyebab katarak pada anak sangat beragam. Umumnya bahkan muncul sejak masa kehamilan seorang ibu.

 Ilustrasi

"Penyebab terbanyak katarak pada anak biasanya karena rubella, ada juga toksoplasma, serta dari beberapa genetik dan sindrom yang lainnya," ucap Dokter Rien di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Dokter Rien menuturkan, pada saat lahir anaknya sudah katarak, ada ciri-ciri yang harus dikenali. Misalnya mata anak terlihat berkilat seperti mata kucing, lensa mata tidak terlihat dengan kasat mata, serta ciri-ciri lainnya.

Kalau memang benar katarak, harus dicek lebih lanjut. Secepat mungkin harus diperiksa lebih lanjut agar tidak terlambat dioperasi.

"Orangtua harus aware, kalau mata anak ada ciri-ciri katarak, paling enggak langsung ke dokter. Harus diangkat di bawah usia dua bulan sudah bisa," kata Dokter Rien.

 Ilustrasi

Katarak dapat diatasi dengan cara operasi untuk menggantikan lensa yang rusak. Tentu tindakan medis tidak bisa dilakukan sembarangan, terutama pada anak-anak.

Pasien harus melakukan berbagai skrining terkait kesehatannya. Tenaga medis juga wajib menginformasikan kondisi pasien sebelum melakukan operasi.

"Sebelum anak dioperasi harus dilihat dulu kondisi fisiknya. Minimal berat badan harus 2.000 gram, serta Ada beberapa syarat lain. Ketika kondisi anak tidak bermasalah, maka ada baiknya segera dioperasi," bebernya.

Saat ini katarak menjadi penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Secara definisi, katarak adalah proses terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan fungsi penglihatan.

Setiap tahun dilaporkan adanya peningkatan jumlah kasus katarak yang tidak sesuai dengan jumlah operasi katarak yang dilakukan. Akibatnya terjadi penumpukan dalam program eliminasi katarak nasional di Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini