Share

Sengatan Tawon Vespa Ancam Keselamatan Jiwa, Ini Tips Menghindarinya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 481 2135623 sengatan-tawon-vespa-ancam-keselamatan-jiwa-ini-tips-menghindarinya-aRL3fHlWkL.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Teror tawon endhas yang memiliki nama latin Vespa affinis di Jawa Tengah semakin meresahkan. Hingga hari ini tercatat sudah 19 nyawa melayang akibat terkena sengatan serangga yang lebih dikenal dengan tawon Vespa itu. Terbaru pasangan suami istri di Pemalang meninggal setelah disengat kawanan tawon vespa sepulang dari sawah.

Tawon sebenarnya merupakan serangga yang hidup di tengah masyarakat. Beberapa orang malah pernah ada yang merasakan sengatan tawon di kulitnya saat menjalani aktivitas sehari-hari. Namun memang ada jenis tawon tertentu yang harus diwaspadai seperti tawon Vespa. Sengatan dari tawon ini dapat mengancam jiwa.

 Lebah

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS, umumnya sengatan tawon hanya menyebabkan respons peradangan lokalisata atau hanya di area yang disengat saja. Jarang sekali sengatan tawon bisa mengakibatkan seseorang meninggal. Hanya saja jika yang menyengat adalah tawon predator, maka kemungkinan itu bisa terjadi.

“Dampak yang terjadi akibat sengatan tawon tergantung dari jenis tawonnya. Selain tawon madu, ada juga tawon predator yakni tawon Vespa affinis. Tawon predator ini memiliki kemampuan untuk memasukan racun ke dalam tubuh manusia,” ujar dr Edwin saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Kamis (28/11/2019).

Racun dari tawon Vespa itulah yang pada akhirnya bisa menyebabkan seseorang meninggal apabila tersengat. Namun sengatan dari tawon madu juga tidak bisa disepelekan.

Dokter Edwin menambahkan, sengatan tawon dalam jumlah banyak dapat menyebabkan respons hipersensitifitas. Respons ini dapat dapat memicu terjadinya syok anafilaktik yang dapat mengancam jiwa.

 Lebah

Oleh karenanya, sangat penting untuk segera melakukan pertolongan pertama ketika disengat tawon. Langkah pertama adalah membersihkan area sengatan dengan air bersih.

Apabila masih ada sengat yang menempel di kulit, jangan lupa mencabutnya. Setelah itu bisa juga mengompres dingin area kulit yang tersengat tawon dengan kulit.

“Selain itu bisa juga mengonsumsi obat anti histamin. Namun bila tidak membaik dan makin tidak nyaman, baiknya segera ke dokter spesialis kulit atau ke UGD,” ujar dr Edwin.

Dokter yang berpraktik di Siloam Hospitals itu juga membagikan tips agar terhindar dari sengatan tawon. “Tentu usahakan tidak mengusik tawon dan hindari lingkungan tempat tawon berada. Bisa juga menggunakan losion anti serangga saat akan ke area yang banyak tawon,” pungkas dr Edwin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini