Mata Kering Bikin Aktivitas Enggak Nyaman, Ini 5 Tips Mencegahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 481 2135681 mata-kering-bikin-aktivitas-enggak-nyaman-ini-5-tips-mencegahnya-8wpN7sPdax.jpg Mata kering (Foto: Digital Trends)

POLA kerja orang kantoran saat ini membuat berbagai penyakit usia tua turut menyerang generasi muda. Salah satunya adalah mata kering yang paling sering disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer atau gadget.

Pada umumnya mata kering akan mulai dirasakan pada seseorang di usia 40 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh produksi air mata seseorang yang telah menurun. Air mata tidak bisa melumasi mata secara maksimal ini yang menyebabkan mata kering.

 Mata kering

Dokter Spesialis Mata, dr. Iva Yulia Sp.M. mengatakan pada generasi muda, penyebab mata kering sangat berbeda pada usia tua. Kurangnya kedipan akibat terlalu lama menatap layar membuat mata kekurangan pelumas yang berasal dari air mata.

“Air mata diproduksi di pelipis kiri dan kanan. Melalui gerakan bola mata dan kedipan maka air mata akan disalurkan untuk melumasinya. Fungsi air mata dapat mencegah kekeringan, mengiritasi mata, sterilisasi, menjaga bola mata pupil tetap jernih sehingga penglihatan bisa maksimal,” terang dr. Iva, saat diwawancarai Okezone di Cimahi, Kamis (28/11/2019).

 Mata kering

Tentunya mata kering membuat penderitanya merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Pasalnya mata kering akan menyebabkan seseorang mengalami perih, mata menjadi merah dan dalam kasus yang lebih parah akan membuat penglihatan menjadi buram.

Tentunya mata kering ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya adalah dengan gaya hidup sehat dan membiasakan diri untuk mengistirahatkan mata ketika bekerja menggunakan komputer atau gadget.

Dalam kesempatan tersebut dr. Iva juga membagikan lima macam tips yang bisa dilakukan seseorang untuk mencegah terjadinya mata kering.

1.Kalau menggunakan laptop atau komputer selama 20 menit maka seseorang harus beristirahat sekira 20 detik. Selama beristirahat cobalah untuk melihat objek apapun yang berjarak sekira 20 feet atau enam meter.

2.Bila mata terasa kering, maka dianjurkan menggunakan air mata buatan yang biasanya ada dalam produk tetes mata untuk membasahi dan melumasi mata.

3.Tidur terjadwal dan istirahat cukup. Bisa juga merelaksasi mata dengan mengompresnya menggunakan handuk hangat supaya tidak tegang.

4.Tidak merokok, karena tanpa disadari merokok dapat mempercepat penguapan sehingga mata menjadi kering. Asap rokok yang tidak sengaja terpapar mata juga bisa menyebabkan kekeringan.

5.Mengatur pola makan sehat dan teratur. Omega tiga dan minyak ikan dipercaya bisa membantu mengatasi kerusakan pada mata.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini