Waspada Sengatan Tawon Vespa, Ini 8 Langkah Pertolongan Pertama Bila Terinfeksi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 481 2135745 waspada-sengatan-tawon-vespa-ini-8-langkah-pertolongan-pertama-bila-terinfeksi-FqOfRItH5T.jpg Pertolongan pertama pada sengatan tawon (Foto: Ist)

TAWON Vespa affinis kini tengah meresahkan masyarakat Tanah Air khususnya di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, tawon yang masuk kategori tawon predator itu telah merenggut nyawa 19 orang karena sengatannya. Hal ini dikarenakan tawon vespa memasukkan racun ke tubuh.

Tapi sebenarnya, yang berbahaya bukan hanya tawon Vespa. Tersengat tawon biasa atau tawon madu juga mendatangkan masalah lain. Pada umumnya sengatan tawon membuat kulit kemerahan, biduran dan nyeri. Tetapi sengatan juga bisa menyebabkan gangguan sistem tubuh.

Tawon Vespa

“Gangguannya mulai dari gangguan saluran cerna seperti mual, muntah, diare, dan kram perut. Sengatan juga bisa menyebabkan gangguan napas seperti sesak. Bahkan reaksi hipersentif langsung yaitu syok anafilaksis dapat mengancam jiwa,” ujar ahli dermatologi, dr Nanang Masrani Dipl. AAAM saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Kamis (28/11/2019).

Dokter yang juga Direktur Gloskin Aesthetic Clinic itu mengungkapkan 8 langkah pertolongan pertama di rumah ketika tersengat tawon. Pertolongan pertama diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Delapan langkah itu antara lain :

Ilustrasi

1. Cuci area sengatan dengan sabun dan air untuk menghilangkan racun sebanyak mungkin.

2. Kompres dingin lokasi luka tersengat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

3. Jaga agar luka tetap bersih untuk mencegah infeksi.

4. Tutup dengan perban jika perlu.

5. Cuka adalah obat rumahan lain yang mungkin digunakan untuk sengatan tawon. Untuk menggunakan cuka pada sengatan tawon, rendam bola kapas dengan sari apel atau cuka putih dan letakkan di atas area kulit yang terkena. Gunakan sedikit tekanan untuk membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan.

6. Bisa juga menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat-oobatan ini mmembantu menangani rasa sakit yang terkait dengan sengatan tawon.

7. Gunakan krim hidrokortison atau lotion kalamin jika terasa gatal.

8. Reaksi alergi yang parah terhadap sengatan tawon membutuhkan perhatian medis segera, sebaiknya dibawa ke klinik maupun rumah sakit terdekat.

Tak hanya menangani sengatan tawon sesegera mungkin, masyarakat juga perlu mencegah terjadinya hal itu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan menurut dr Nanang :

1. Hindari faktor-faktor risiko potensial termasuk kegiatan di luar ruangan yang dapat mengganggu tawon. Sebut saja menyapu halaman atau memotong semak yang mungkin terdapat sarang tawon.

2. Hindari penggunaan bahan beraroma apapun seperti parfum, hairspray, sabun, deodoran, dan tabir surya saat berada di area yang kemungkinan besar terdapat tawon. “Hindari juga pakaian berwarna cerah, terutama desain bunga karena dapat menarik perhatian tawon,” ucap dr Nanang.

3. Cegah aroma menyengat di sekitar rumah seperti membiarkan tempat sampah terbuka dan buah busuk dari pohon buah. Kedua aroma tersebut dapat menarik perhatian. “Perhatikan pula area tertutup yang menampung sarang tawon. Jangan sampai diusik karena dapat memicu serangan apabila tawon merasa terusik,” pungkas dr Nanang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini