Depok KLB Hepatitis A, Dinkes Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 481 2135819 depok-klb-hepatitis-a-dinkes-imbau-masyarakat-tingkatkan-kewaspadaan-cddApLu5sP.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Kasus Hepatitis A menjadi ancaman serius sekarang ini di Depok, Jawa Barat. Beberapa media massa menyatakan bahwa ada 51 orang di SMPN 20 Depok positif terjangkit penyakit ini.

Pemerintah Depok pun menyatakan penyakit Hepatitis A menjadi kasus luar biasa (KLB). Dengan adanya status ini, Dinas Kesehatan Depok akhirnya mengeluarkan pernyataan imbauan untuk masyarakat agar waspada dengan penyakit yang satu ini. Imbauan tersebut tertuang dalam keterangan resmi yang lembarannya tersebar di WhatsApp.

hepatitis

Surat edaran Dinas Kesehatan Depok Nomor 443.33/6569 - P2P yang diterbitkan Kepala Dinas Kesehatan Depok drg. Novarita, hal yang disampaikan ialah 'Imbauan Peningkatan Kewaspadaan Terhadap meningkatnya Kasus Hepatitis A'.

Dalam surat tersebut, diterangkan beberapa hal yang mesti diketahui masyarakat mengenai Hepatitis A. Mulai dari penjelasan penyakit, penanganan penderita, kontak, dan lingkungan sekitar, dan pencegahannya.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut juga disampaikan sistem kewaspadaan dini dan penanggulangan KLB Hepatitis A. Di bagian ini, Dinkes memberikan penjelasan, seperti;

hepatitis

1. Laporan kejadian secara berjenjang.

2. Meningkatkan surveilans Hepatitis A terutama di sekolah (antara lain dengan melihat absensi siswa).

3. Meningkatkan pengawasan kualitas TTU (tempat-tempat umum) dan TPM (tempat pengolahan makanan).

4. Lakukan investigasi dengan Penyelidik Epidemiologis, apakah penularan terjadi dari orang ke orang atau common source, cari populasi yang terpajan, bila ditemukan sumber infeksi segera ditanggulangi maksimal.

5. Lakukan upaya khusus untuk meningkatkan sanitasi lingkungan dan kebersihan perorangan untuk mengurangi kontaminasi makanan dan air.

Di sisi lain, dalam penyebaran informasi mengenai surat edaran ini, terselip juga pernyataan yang menjelaskan upaya pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat terkait penyakit Hepatitis A ini.

hepatitis

Dalam pernyataan tersebut dijelaskan bahwa Hepatitis A ini paling banyak tersebar lewat makanan. Karena itu, disarankan pada masyarakat untuk sebaiknya hindari jajan minuman yang ditambahkan es batu dan hindari makan di tempat yang kurang bersih.

Lalu, jangan lupa sering cuci tangan dengan sabun setiap sebelum dan sesudah makan, pun setelah buang air besar atau kecil. Tidak hanya itu, Anda juga diminta untuk memakan makanan yang dimasak sempurna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini