nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Jualan Kocak ala Pedagang Pasar Senen, Netizen Malah Berbalas Pantun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 18:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 29 612 2136113 viral-jualan-kocak-ala-pedagang-pasar-senen-netizen-malah-berbalas-pantun-K7G3AP8BB1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PASAR Senen mendadak jadi trending topic di Twitter. Hasil penelusuran Okezone, hal ini disebabkan oleh cuitan kocak seorang netizen yang membagikan sensasi dan keseruan berbelanja di pasar tertua di Jakarta itu.

Dalam unggahannya, akun Twitter @rambakgirl menyebutkan bahwa para pedagang di Pasar Senen memiliki kemampuan marketing di atas rata-rata. Selidik punya selidik, maksud dari sang netizen rupanya berkaitan dengan pantun super kocak yang sering mereka teriakkan guna menarik perhatian pengunjung.

"Abang-abang pasar senen deserve an S3 on marketing.

Abang: ayo kakak dipilih 20rb aja

Me: pilih baju

Temen: pilih baju

*ibu2 lewat*

Abang: bu awas ada yang jatoh bu itu

*semua kompak nengok bawah*

Abang: HARGANYA BU YANG JATOH AYO DILIAT DULU BU KEMEJANYA," tulis @rambakgirl.

Unggahan tersebut langsung menuai banyak komentar dari sejumlah netizen. Beberapa di antara mereka ternyata sering mengalami kejadian serupa, bahkan sampai ada yang hapal dengan pantun atau jargon para pedagang di Pasar Senen.

Seperti cuitan dari akun Twitter @ibetedeh. Ia membagikan dua pantun khas Pasar Senen yang sukses membuat netizen tertawa terbahak-bahak.

"di lapak sebelahnya: AYO AYO! LUNA MAYA UDAH BELI, LULU TOBING UDAH BELI, LULU PADA YANG BELO,".

"Kalo ada pengunjung liat-liatdoang ga beli: ADA CICAK MAKAN BUBUR, ABIS NGACAK-NGACAK KOK KABUR,".

Tak mau kalah dengan @ibetedeh, dua orang netizen malah terlibat adu pantun. Keduanya bertarung sengit seperti sedang berada di pernikahan adat Betawi.

"Truss pengunjung liat-liat doang tadi noleh: ADA CICAK IDUNGNYA LG MAMPET, UDAH NGACAK-NGACAK BARU INGET KLU LUPA BAWA DOMPET," tulis akun kemal91mbal.

Pantun itu langsung disambut oleh akun @bellasafirrra. "Lapak sebelahnya ngomong lagi: Ayo-ayo jangan pada CLBK (CUMA LIAT BELI KAGA),".

Perang pantun masih terus berlanjut. Akun @Kemal91mbal kembali melemparkan sebuah pantun untuk membungkam @bellasafirrra.

"Pembeli disebelahnya jawab lagi : Yee.., mang kita CLBK (Cocok Langsung Bayar Kontan)," tulis Kemal.

Kini giliran @bellasafirrra yang membalas pantun tersebut. Ia mengeluarkan jurus baru layaknya tukang pantun profesional.

 Ia mengeluarkan jurus baru layaknya tukang pantun profesional.

"Ada pembeli nawar, abangnya ngasih pantun: ADA PENCURI MEGANG BELATI, NYARINYA PREDPERI NAWARNYA GAK PAKE HATI," tutur Bella.

Pantun itu ditutup Kemal dengan balasan yang tidak kalah kocaknya. "Abangnya pantun, pembelinya nawar lagi, ADA BELATI DIPEGANG PENCURI, WALAU GAK PAKE HATI AYOLAH DISKONNYA DIBERI," tukas Kemal.

Sekadar informasi, Pasar Snees atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Pasar Senen merupakan pasar tertua yang ada di Jakasrta. Dinamakan Pasar Senen karena aktivitas perdagangan di pasar ini awalnya hanya berlangsung setiap hari Senin saja dan didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa.

Dalam perjalannya, nama pasar ini sempat berubah menjadi Vinck passer merujuk kepada arsitek pengembangnya Yustinus Vinck. Pasar ini pertama kali dibuka pada 30 Agustus 1733, di kawasan yang dahulu dinamakan Weltevreden.

Tampilan Pasar Senen saat ini, adalah perpaduan antara pasar tradisional dan pasar modern. Anda bisa mencari banyak varian produk di Pasar Senen, mulai dari makanan dan minuman, onderdil dan aksesoris kendaraan, pusat grosir tas dan jam tangan, hingga toko-toko thrift store atau pakaian bekas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini