nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Artis Aktivis HIV/AIDS, dari Vidi Aldiano hingga Lady Gaga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 30 481 2136251 para-artis-aktivis-hiv-aids-dari-vidi-aldiano-hingga-lady-gaga-lsc8mJIW2e.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

HIV/AIDS masih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti di dunia. Hingga saat ini belum ada satu pun obat yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan tersebut. Namun HIV/AIDS tidak akan menimpa seseorang, asalkan masyarakat bisa menjalani gaya hidup sehat, seperti menjauhi penggunaan obat-obatan terlarang dan menghindari seks bebas. 

Namun hingga saat ini kasus HIV/AIDS masih sering terjadi di seluruh dunia. Hal ini memicu para aktivis untuk bersemangat dalam menyuarakan cara untuk memberantas penyebaran HIV AIDS.

Bahkan beberapa artis Indonesia hingga mancanegara yang peduli pun turut turut menjadi aktivis yang mengkampanyekan pencegahaan penyakit ini. Lalu siapa saja artis aktivis HIV/AIDS tersebut, berikut dikutip dari berbagai sumber.

1.Vidi Aldiano

Foto: Okezone

Sama seperti IDP, penyanyi tampan Vidi Aldiano juga didapuk sebagai duta HIV/AIDS Indonesia. Ia bertugas untuk menyebarkan dan menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap dan bahaya dari penyakit ini. Selain itu pelantun lagu ‘Membiasakan Cinta’ ini juga mengajak masyarakat untuk tidak mendiskriminasikan penderita HIV/AIDS.

2.Indah Dewi Pertiwi

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Indah Dewi Pertiwi atau biasa disebut IDP didapuk sebagai duta HIV/AIDS Indonesia. Ia pun aktif berkampanye mengenai penyakit ini di Indonesia. Dalam kampanyenya, IDP bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai penyakit HIV/AIDS serta ciri-cirinya yang belum banyak diketahui orang.

3.Alicia Keys

Sejak masih muda Alicia Keys sudah memiliki ketertarikan untuk memberantas HIV/AIDS. Saking seriusnya ia pun membuat organisasi bernama Keep Child Alive, bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia. Melalui organisasi tersebut, ia mengumpulkan dana untuk biaya perawatan dan pengobatan pasien HIV/AIDS di India dan Afrika. 

4.Pangeran Harry

Pangeran Harry juga pernah melakukan penggalangan dana terhadap orang yang mengidap HIV/AIDS. Selain peduli terhadap kesehatan, sang pangeran pun terinspirasi dari cinta kasih yang dimiliki mendiang ibunya yakni Putri Diana. Pada 2006 silam Pangeran Harry pernah mendirikan suatu badan amal bersama Pangeran Seeiso di Leshoto yang merupakan negara termiskin di benua Afrika.

5.Lady Gaga

Stefanie Joanne Angelina Germanotta atau biasa dipanggil Lady Gaga ini juga menjadi salah satu aktivis HIV/AIDS. Wanita yang kerap berpakaian nyentrik ini pernah menggunakan busana berbentuk menyerupai kondom yang terbuat dari bahan lateks dalam acara Grammy Awards 2011. Tujuannya untuk mewakili perempuan di seluruh dunia yang khawatir akan penyebaran virus HIV/AIDS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini