nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Seniman Asal Italia yang Mampu Tampilkan Ilusi Optik dari Lukisannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 30 612 2136340 kisah-seniman-asal-italia-yang-mampu-tampilkan-ilusi-optik-dari-lukisannya-Px6VVAYrDq.jpg Marcello Barenghi (Foto : Odditycentral)

Salah satu seniman asal Italia, Marcello Barenghi berhasil menghipnotis mata banyak orang dengan keterampilannya yang sangat istimewa. Ia mampu membuat ilusi optik dengan menggambar benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari manusia dengan versi hiper-realistis.

Uniknya seniman Marcello Barenghi hanya membutuhkan alat gambar umum untuk membuatnya menjadi tampak tiga dimensi. Ia menampilkan kemampuannya untuk menggambar hiper-realistis dan berusaha sekuat tenaga untuk meniru kenyataan.

Saat usianya baru menginjak 18 bulan ia menggambar pesawat terbang yang memiliki baling-baling bergerak tiga dimensi lengkap dengan penstabil vertikal. Seiring dengan pertumbuhannya, keterampilannya pun meningkat dan berhasil memenangkan beberapa kompetisi menggambar.

Karya Seniman

Ketika Marcello lulus sekolah menengah ia pun mulai belajar di sekolah seni. Barenghi telah mengembangkan gaya dan teknik hiper-realistisnya sendiri dan disarankan oleh guru seninya untuk mencoba peruntungan di luar Italia. Ia disuruh mencari negara yang lebih menghargai hiper-realisme sebagai sebuah seni bentuk.

Pada saat Marcello berada di sekolah seni, industri desain grafis dipandang sebagai ancaman. Jadi untuk mencapai hasratnya untuk menjadi seniman berbakat, ia pun memutuskan untuk berspesialisasi dalam dunia arsitektur.

Ternyata pilihannya tersebut bukanlah menjadi karier yang baik. Ia pun mengalami beberapa kekecewaan hingga Marcello menyerah pada seni dan mendapatkan pekerjaan sebagai asisten toko.

Karya Seniman

Melansir dari Oddity Central, Sabtu (30/11/2019), pada 2013 Marcello menjadi seorang pengangguran dan membuatnya memutuskan untuk kembali kepada hal yang paling ia sukai. Ia akhirnya menggambar hiper-realistis dari objek yang ditemukan sehari-hari. Marcello juga membuat akun Youtube dan mulai mengunggah video tutorial saat menggambar benda seperti kaleng soda dan buah-buahan.

Pada tahun pertamanya menjadi seorang Youtuber, Marcello mendapatkan 100 ribu pengikut dan hingga saat ini ia telah memiliki 1,7 juta pengikut dan menjadikannya salah satu artis paling populer di Youtube.

Marcello menghabiskan beberapa jam untuk membuat satu proyek yang sebetulnya terlihat sederhana, namun ketika selesai, bentuknya sangatlah bagus. Lucunya, Marcello mengaku tidak akan pernah menjual karya seninya.

Karya Seniman

“Dari setiap gambar saya menyadari tidak sepenuhnya puas dengan itu. Tapi saya juga sangat menyukainya sehingga saya tidak pernah bisa berpisah dengannya. Bahkan saya tidak menjualnya. Masing-masing gambar adalah hasil dari tantangan yang saya sukai dan bisa saya atasi. Emas dari trofi Piala Dunia, transparansi kaca, tenunan kain. Saya mencintai mereka semua karena memiliki kekhasan tersendiri,” ungkap Marcello.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini