nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenang Pebasket Magic Johnson yang Berani Ngaku Terkena HIV

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 01 Desember 2019 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 01 612 2136644 mengenang-pebasket-magic-johnson-yang-berani-ngaku-terkena-hiv-5w79KUkyCC.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SEKS bebas  dan penggunaan narkoba disinyalir sebagai pemicu seseorang terkena HIV.  Oleh karena itu pada umumnya para pengidap HIV akan merahasiakan penyakit yang diidapnya. Selain itu kebanyakan dari mereka akan merasa putus asa karena obat penyakit tersebut belum ada.

Namun tidak demikian dengan pebasket Los Angeles Lakers, Earvin “Magic” Johnson. Sekedar mengenang keberaniannya pada peringatan Hari AIDS Sedunia, (1/12/2019), mari mengenang Earvin yang berani membuat pengakuan Pada 7 November 1991, di mana ia mengumum bahwa dirinya positif terkena HIV. Tentunya pengumuman tersebut menggemparkan publik.

Sebagaimana diketahui Johnson adalah salah satu pemain basket terbaik di dunia. Namun beberapa bulan setelah ditumbangkan oleh Michael Jordan dan Chicago Bulls di Final NBA, ia membuat keputusan mundur dari karir profesionalnya karena HIV.

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

Johnson melakukan konferensi pers dan langsung menyampaikan pokok permasalahan yang sedang dialaminya. Ya, virus HIV lah yang membuat karirnya sebagai pemain basket terhenti.

IFoto: Istimewa 

“Karena virus HIV yang saya miliki, saya harus pensiun dari Lakers hari ini. Tapi saya. berencana untuk terus hidup pada waktu yang lama,” ujar Johnson sebagaimana dilansir dari Rolling Stone, Sabtu (30/11/2019).

Meski positif mengalami HIV, namun ia memastikan bahwa dirinya tidak mengidap AIDS. Sementara istrinya juga dinyatakan negatif dari kedua penyakit tersebut. Kabar ini pun akhirnya menjadi buah pecinta basket di seluruh penjuru dunia.

Pasalnya dalam beberapa dekade terakhir banyak orang yang telah meninggal karena AIDS. Selain itu delapan hingga 10 juta orang diprediksi hidup dengan penyakit ini pada awal 1990-an. Penyebab utama AIDS kala itu adalah hubungan seks antara pria dengan pria (homoseksual).

Meski menjadi penyakit serius, AIDS tetap diabaikan oleh Presiden Ronald Reagan. Alhasil angka HIV dan AIDS melonjak tanpa pendanaan dan pengakuan yang tepat pada tahun 1980-an. Tak hanya Johnson saja yang terkenal HIV, sejumlah orang terkenal lainnya pun turut tertular virus ini.

Beberapa diantaranya adalah aktor terkenal Rock Hudson pada 1985 serta Vokalis Queen, Freddie Mercury yang turut mengaku setelah beberapa minggu setelah pengumuman Johnson. Penyakit ini dianggap menyebar pada komunitas gay, pengguna narkoba, dan orang-orang yang menerima transfusi darah.

Mendengar statement tersebut Johnson pun membuktikan bahwa pernyataan itu salah. Menurutnya siapa saja bisa mendapatkan virus HIV. Terbukti setelah 29 tahun mengidap HIV, Johnson masih bisa hidup dan berkembang. Ini juga menunjukkan bahwa orang dapat hidup dengan penyakit ini jika dirawat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini