nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Kanker Hidung, Pria Ini Jadi Mirip Zombie

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 12:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 481 2137300 gara-gara-kanker-hidung-pria-ini-jadi-mirip-zombie-dI0kI4LN5c.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENDERITA kanker memang harus menghadapi banyak pengobatan. Tidak jarang, dalam pengobatan tersebut, seseorang harus merelakan bagian tubuhnya diambil, guna mencegah kanker tersebut tumbuh makin parah.

Sama seperti pria yang didiagnosis menderita kanker hidung. Kanker tersebut membuat hidungnya harus diamputasi dan meninggalkan lubang besar pada bagian tengah wajahnya yang membuatnya terlihat seperti zombie.

Ayah dari tiga anak bernama Stephen White yang berasal dari Exeter, Inggris. Ia mengaku hidup bagaikan seorang pertapa sejak melakukan operasi pada 2016. Operasi tersebut menghilangkan hidung dan gigi bagian atasnya. Lebih mengerikannya lagi bekas hidung yang diamputasi tersebut menyisakan lubang besar di bagian tengah wajahnya yang membuatnya seperti zombie.

Saat ini Stephen masih menunggu prostetik (alat tiruan wajah) untuk melengkapi hidungnya yang hilang. Namun kerusakan pada bagian wajahnya tersebut telah menghilangkan kepercayaan diri dan harga dirinya sebagai manusia.

Mirip zombie gara gara kanker hidung

Singkat cerita Stephen pertama kali merasakan keluhan pada Maret 2015. Kala itu ia mengalami gejala mimisan yang berkepanjangan hingga membuatnya mengunjungi dokter.

Setelah berkonsultasi, dokter pun memberikan antibiotik untuknya. Namun setelah mengkonsumsi antibiotic, White pun tidak kunjung mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkannya. Pada Mei 2015 ia kembali dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani proses pemindaian atau biasa disebut dengan MRI.

Hasil pemindaian tersebut mengungkapkan bahwa penyakit kanker yang diderita White telah menghancurkan tulang yang ada di bagian tengah hidungnya dan sangat mempengaruhi tulang rawannya. Akibat kondisinya yang sudah semakin memburuk Stephen pun langsung menjalani operasi pada Juli.

Operasi yang dilakukan tersebut untuk membantu dokter menentukan seberapa jauh kanker yang telah menyebar ke dalam rongga hidungnya. Operasi tersebut menemukan bawah terdapat risiko sel-sel ganas yang bisa mencapai otak dan sumsum tulang belakang melalui wajahnya.

Sebagaimana dilansir VT, Stephen pun akhirnya melakukan pembedahan dan kemoterapi. Pengobatan tersebut membuat hidungnya harus dimutilasi yang membuatnya kehilangan gigi bagian atasnya. Ia akhirnya tidak bisa mengonsumsi makanan lunak selama beberapa minggu. Kentang tumbuk, sup dan casserole menjadi menu makanan yang selalu menemaninya.

Kabar mirisnya datang ketika hidung prostetik yang tersedia tidak cocok dengan bentuk wajah yang dimiliki oleh Stephen. Alhasil ia harus menunggu hidung baru dan selama itu pula ia mengalami kekhawatiran tentang penampilannya yang mengerikan seperti zombie.

Mirip zombie gara gara kanker hidung

“Saya menakut-nakuti cucu-cucu saya dan ketika saya keluar menuju jalan raya saya tidak hanya menakuti anak-anak namun semua orang. Orang-orang melihat saya dan menyebrang jalan untuk menghindari saya. Kanker tersebut tepat berada di tengah wajah saya dan saya masih menunggu hidung tiruan,” terang Stephen.

Stephen mengaku saat ini ia kembali berkencan dan ingin kembali merasakan jatuh cinta. Ia menjelaskan sempat menjalani operasi mata pada bulan lalu karena tidak bisa melihat jauh. Operasi tersebut ia lakukan karena tidak bisa mengenakan kacamata, lantaran tidak memiliki dudukan pada hidungnya.

“Saya tidak bisa keluar karena tidak bisa melihat untuk menyebrang jalan dan sangat paranoid menabrak orang. Saya tidak bisa melihat mereka sampai mereka ada di halaman depan saya. Mereka lantas akan melihat saya tidak memiliki hidung dan itu telah menghancurkan kepercayaan diri saya. Saya sekarang tidak lagi memiliki harga diri,” lanjutnya.

Akibat kondisi fisiknya yang mengerikan seperti zombie, Stephen merasa seperti tahanan di dalam rumah. Ia hanya bisa keluar pada malam hari seperti seorang vampire dang mengenakan hoddie. Hal tersebut dilakukan karena pada malam hari lalu lintas semakin sepi sehingga hanya ada sedikit risiko bagi orang-orang untuk menabrak saya.

“Saya harap begitu memiliki hidung baru saya akan merasa lebih percaya diri untuk keluar dan bertemu dengan seseorang. Saya dulu pergi ke bar dan melihat teman-teman, tetapi selama lima tahun terakhir saya hanya pergi ke toilet. Saya hanya ingin dirawat seperti manusia yang layak,” tuntasnya.

Saat ini keluarga Stephen berusaha mengumpulkan uang melalui situs GoFundMe untuk membayar biaya operasi kosmetik yang tersisa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini