nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Lho Kelebihan Anak Down Syndrome Kalau Belajar Baking

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 298 2137979 moms-ini-lho-kelebihan-anak-down-syndrome-kalau-belajar-baking-jmCQsa72cl.jpg Anak Down Syndrome belajar membuat kue (Foto : Dewi/Okezone)

Penyandang disabilitas seperti anak down syndrome, bukan berarti lemah dan tidak memiliki bakat tertentu di dalam hidupnya. Mereka bisa dilatih dalam mengasah bakatnya, misalnya saja baking.

Baking atau bikin kue pasti menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan buat anak down syndrome. Tak hanya mengasah kreativitasnya, namun mereka juga dapat mengenal rasa makanan yang berbeda.

Pendiri Center Of Hope Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI) Aryanti Yacub menuturkan, ketika orangtua memiliki anak dengan down syndrome, jangan khawatir mereka tidak punya kemampuan apa saja. Siapa sangka, kalau terus dilatih untuk baking, mereka jadi jago bikin kue dan punya usaha kecilan-kecilan sendiri.

down syndrome

"Baking buat anak down syndrome manfaatnya banyak. Di tempat pelatihan kami malahan jadi salah satu mata pelajaran yang didapatkan di sini," kata Yanti ditemui di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Rabu (4/12/2019).

Anak-anak down syndrome yang mahir baking, terang Yanti, mereka akan mudah meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, mereka juga dapat melatih keterampilan serta bekerja keras untuk menghasilkan uang.

Karenanya, anak-anak dari Center Of Hope ISDI sendiri sudah banyak yang jago baking. Mereka pertama kalinya belajar baking sejak tahun 2011. Sampai sekarang kadang-kadang, anak dengan down syndrome ini mendapat pesanan kue dari orang lain. Penghasilannya pun lumayan.

anak

"Anak-anak di sini dapat orderan rutin. Mereka bisa bikin ratusan mini cup setiap bulan, misalnya mereka terampil dan teliti bikin kue kering," beber Yanti.

Dari aktivitas itulah anak disa jadi tambah percaya diri dan tak lagi dilecehkan. Justru mereka mendapatkan apresiasi dari orang lain, karena keberhasilannya tersebut.

Yanti pun mengajak para orangtua serta masyarakat untuk lebih menhargai penyandang disabilitas. Khususnya pada anak dengan down syndrome, yang harus selalu dilatih semua bakat terpendamnya.

anak down

"Sekarang ayo lihat anak-anak ini dari sisi berbeda. Mereka itu bunga dari kehidupan kita, bukan duri yang dibuang atau dilecehkan. Karena mereka penuh keterbatasan, maka orang yang normal jadi gurunya. Siapapun terlahir tidak sempurna," pungkas Yanti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini