nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Tempat Wisata di Jawa Salah Tulis Bahasa Jepang, Kerjaan Siapa Sih?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 406 2137778 viral-tempat-wisata-di-jawa-salah-tulis-bahasa-jepang-kerjaan-siapa-sih-VZxodg6jBZ.jpg Wisata Karanganyar. (Foto: Instagram)

KEBERAGAMAN bahasa memang terkadang dapat membuat kendala ketika kita ingin melakukan komunikasi. Meskipun mungkin kita bermaksud baik, tapi jika tidak berhati-hati dan salah sebut bukan tidak mungkin malah menyebabkan pertikaian.

Seperti tempat wisata di Karanganyar, Jawa Tengah, mendadak viral di media sosial. Adalah 'Sakura Hills' yang beralamat di Cemoro Sewu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Spot foto ala Jepang yang disediakan di sana dinilai salah menulis kalimat dalam bahasa Jepang dengan tepat.

Ya, spot foto itu menyajikan instalasi semacam gapura dengan tiang-tiang merah khas Jepang. Hal yang dipermasalahkan adalah tulisan Jepang yang ada di muka gapura. Tulisan yang dipajang di sana adalah 'Anata ga kirai' atau yang artinya 'Aku benci kamu'.

Sontak, netizen yang paham dengan makna kalimat tersebut dibuat ketawa. Bagaimana bisa kalimat itu bisa ada di sana dan tidak menunjukan sesuatu yang bahagia seperti makna asli adanya instalasi gapura khas Jepang tersebut.

Sontak, netizen yang paham dengan makna kalimat tersebut dibuat ketawa.

Akun @anthesis0*** yang memberikan penjelasan mengenai kalimat keliru tersebut. "Itu tulisannya Anata ga kirai' yang artinya aku benci kamu," ungkapnya.

Unggahan @soloinfo ini dibagikan kemarin, 3 Desember 2019. Sampai akhirnya berita ini dimuat Okezone, sudah ada 2,268 likes yang masuk dan tercatat di sana ada 43 komentar dan kebanyakan membahas kanji Jepang salah yang tertulis di gapura tersebut.

Sementara itu, di Twitter, unggahan ini pun viral. Akun @djenanggulo yang membagikannya. Di sana ia menerangkan,

"I'm all about supporting local tourism. Tapi, mbok ya, riset dulu gitu. Itu torii-nya masa tulisannya 'anata ga kirai' yang artinya 'Aku benci kamu'. Berasa kalau foto prewedding atau foto sama pacar di situ bakal langsung bubar."

Unggahan ini pun mendapat banyak respons dari netizen di Twitter. Salah satunya yang dikatakan @icblues. Dia beranggapan, vendornya melakukan prank! "Wkwk kayaknya mereka di-prank sama vendor yang bikin," ungkapnya. Begitu juga dengan komentar @otabicep, "Itu emang sengaja ngedoain kali vendornya," tegasnya.

Sementara itu, netizen Twitter @a_riip membongkar fakta sebenarnya. Di unggahannya, terlihat di sana foto asli mengenai tempat lokasi tersebut.

Ya, berbeda dengan foto yang dibagikan @soloinfo, di salah satu foto netizen, tidak terlihat adanya tulisan Jepang di tiang gapura. Selain itu, tak ada juga bunga sakura yang melingkari gapura merah tersebut.

Selain itu, tak ada juga bunga sakura yang melingkari gapura merah tersebut.

Hal ini bisa diduga adalah foto yang viral merupakan hasil editan dan entah apa maksudnya dari penggunaan kalimat Jepang yang keliru tersebut.

"Kayaknya emang editan, begitu juga dengan sakuranya. Barusan check akun di orang yang motoin, nggak ada sakura dan nggak ada tulisan Jepangnya," kata Aip.

Di sisi lain, Aip pun menerangkan kalau cara ini merupakan bagian dari promosi agar banyak masyarakat datang karena penasaran. "Of course, biar banyak yang datang," sambungnya.

Sakura Hills sendiri belum dibuka untuk umum. Dijelaskan di keterangan foto @soloinfo, di lokasi itu pun nantinya Anda akan dimanjakan berbagai fasilitas lain seperti taman robot bertema Jepang, jembatan, dan kolam renang air hangat berlatar Gunung Lewu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini