Makin Sibuk, Pola Makan Generasi Milenial Indonesia Alami Perubahan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 481 2137910 makin-sibuk-pola-makan-generasi-milenial-indonesia-alami-perubahan-HrWmjRjFWb.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Perkembangan zaman bisa dikatakan memang menuntut perubahan di banyak hal. Mulai dari jenis pekerjaan, cara berkomunikasi, sistem transaksi pembayaran, sistem akomodasi, bahkan juga hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya pola makan.

Ya, seperti dijelaskan oleh sosiolog sosiolog dari Universitas Indonesia, Dr. Erna Ermawati Chotim, M. Si. Menurutnya,  perubahan pola makan ini terjadi di kalangan masyarakat khususnya generasi muda Indonesia di era digital seperti sekarang.

Salah satu faktor pemicunya ialah kesibukan sehari-hari yang semakin padat. Namun waktu yang tersedia semakin sedikit.

sarapan

“Dalam konteks masyarakat modern dituntut produktivitas tinggi. Mobilitasnya juga tinggi, makanya sekarang sulit di kalangan generasi muda untuk masak sendiri,” ujar Dr.Erna, saat dijumpai Okezone, Selasa 3 Desember 2019 di bilangan Sudirman, Jakarta.

Bukan hanya jarang memasak sendiri hidangan makanan yang hendak disantap, generasi muda Indonesia juga menginginkan segala hal serba cepat.

Makan di Kantor

Dr Erna mengatakan, generasi milenial memiliki karakter ingin semua kebutuhan asupan makanannya terpenuhi. Namun, tetap ingin yang tetap praktis. 

Karenanya, menurut Dr Erna generasi muda modern Indonesia sekarang jarang menyantap makanan dengan banyak memilih menu. Namun, generasi milenial memilih satu makanan tapi memenuhi semuanya yang dicari.

 Makan di Kantor

“Generasi muda sekarang tidak akan memilih satu makanan tapi kemudian ribet, misalnya menu ini ditambah dengan menu yang lain. Satu sumber karbohidrat, satu lagi sumber yang lain. Satu makanan tapi memenuhi semuanya yang dicari, itu ciri dari masyarakat modern. Keuntungannya industri yang masif menyediakan variasi makanan, tinggal kemudian referensi ke mana kita akan mengonsumsi makanan,” tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini